FIB Unand Lepas Mahasiswa Darmasiswa Dari Tujuh Negara

Pelepasan mahasiswa tujuh negara.
Pelepasan mahasiswa tujuh negara.

Padang, Editor – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB Unand) Melalui Dekan FIB Dr Hasanuddin, M.Si menyerahkan sertifikat kepada tujuh mahasiswa Darmasiswa dari tujuh Negara, sekaligus melepasnya secara resmi di Ruang Sidang Dekanat, Jumat (25/5).

Selain Dekan FIB Unand, acara ini juga dihadiri Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Syafwardi,SE,M.Pd, Kepala Pusat Bahasa Unand Dr. Rina Marnita AS,M.A, para Wakil Dekan FIB, sejumlah dosen yang mengajar, dan undangan lainnya.

Ketujuh negara mahasiswa Darmasiswa itu adalah Vietnam, Philipina, Jepang, Cheico, Madagaskar, Australia, dan Mesir. Mereka belajar di FIB Unand selama dua semester, dari bulan Juli 2017-Juni 2018 ini.

Selama dua semester itu, ada tiga materi utama yang mereka pelajari. Pertama, mempelajari Bahasa Indonesia secara umum dan harus menguasai speaking, reading, listening, dan writing. Kedua, untuk mengenal negara Indonesia, mereka harus mengikuti mata kuliah Sejarah dan Kebudayan Indonesia. Ketiga, mereka mempelajari tentang budaya lokal Minangkabau melalui mata kuliah Budaya Minangkabau.

Darmasiswa adalah program beasiswa yang ditawarkan kepada semua mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk mempelajari bahasa, seni dan budaya. Peserta dapat memilih salah satu universitas terpilih yang berlokasi di berbagai kota di Indonesia.

Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Program Darmasiswa dimulai pada 1974 sebagai bagian dari inisiatif ASEAN (Association of South East Asian Nations), yang hanya menerima mahasiswa dari ASEAN.

Namun, pada tahun 1976 program ini diperluas untuk menyertakan mahasiswa dari negara lain seperti Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Hongaria, Jepang, Meksiko, Belanda, Norwegia, Polandia, Swedia, dan Amerika Serikat.

Pada awal 90-an, program ini diperpanjang lebih lanjut untuk memasukkan semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Hingga saat ini, jumlah negara yang berpartisipasi dalam program ini lebih dari 80 negara.

Tujuan utama dari Program Darmasiswa adalah untuk mempromosikan dan meningkatkan minat dalam bahasa dan budaya Indonesia di kalangan pemuda dari negara lain. Ini juga telah dirancang untuk memberikan tautan dan pemahaman budaya yang lebih kuat di antara negara-negara yang berpartisipasi.  ** Rafendi/Humas

752 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*