Festival Muanggau 2017 Dimeriahkan Dengan Berbagai Lomba Masak

Tua Pejat, Editor.- Suasana penuh kegembiraan terlihat selama pelaksanaan festival Muanggau di pantai Mapadegat Tua Pejat. Meski pada saat pembukaan turun hujan partisipasi warga yang ada disekitar lokasi festival tak pernah surut pada tiga hari festival tersebut.

Pada malam pertama peserta menangkap anggau yang dimulai pada pukul 9 malam hingga pukul 12 berhasil mendapatkan hasil yang memuaskan. Pada hari kedua digelar lomba memasak hasil tangkapan  dengan berbagai kreasi.Selain peserta yang ikut menangkap, lomba ini juga diikuti ibu- ibu dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis masakan anggau yang diolah tersebut diantaranya, anggau asam manis, anggau saus tiram,  soup asparagus dan berbagai kreasi lainnya.

Sebelumnya Mulyadi salah seorang cheef yang sengaja didatangkan dari Padang telah mengadakan demo memasak kepiting anggau tersebut yang disaksikan oleh para peserta dan masyarakat sekitar lokasi acara.

Acara ditutup oleh Sekda Drs.Syaipul Janah dengan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan unsur Forkompinda Pemkab Mentawai.

Dalan sambutannya Sekda Drs, Syaiful Jannah mengatakan, event yg telah berlangsung selama tiga hari ini telah mampu menjadi daya tarik perhatian dan partisipasi masyarakat khusunya di daerah Sipora Utara. Terlepas dari berbagai kelemahan yang ada dikatakan Syaiful,setidaknya event ini telah mampu menyedot perhatian masyarakat terutama bagi pelaku Usaha Kecil dan pedagang.

Dengan adanya event ini telah banyak terangkat kegiatan ekonomi masyarakat .Ini adalah tujuan kita bagaimana dengan adanya acara disekitar tempat mereka mereka dapat menikmati dampak ekonominya dari kegiatan ini.

Untuk itu Pemkab selalu mensupport kegiatan- kegiatan yang positif ini. Pada festival Muanggau ini kembali mengingatkan kita bagaimana orang tua kita dahulunya hidup dalam kegotongroyongan .Muanggau adalah sebuah nilai selain sebuah tradisi dimana salah satu nilai yang paling besar adalah semangat kebersamaan dan kerukunan.

Pada malam penutupan festival juga diumumkan pemenang lomba diantaranya, pemenang tangkapan anggau terbanyak juara pertamanya diraih oleh Matobekkue, juara kedua diraih oleh Toroi ogat dan ketiga diraih oleh kelompok Bunga Anggrek.

Sementara untuk juara pertama lomba memasak hasil tangkapan anggau diraih oleh ibu- ibu isteri anggota Dewan ( Ikiad), juara kedua Tim Penggerak PKK, juara tiga kelompok Totai.

Untuk lomba membuat kuliner khas Mentawai Masigiok Toitet juara pertama diraih oleh PKK Kepulauan Mentawai, juara kedua Susi Manai dan juara ketiga IKIAD.

Kepada masing- masing pemenang mendapatkan uang tunai dari sponsor Bank Nagari, Bank BNI 1946 dan BRI. Acara penutupan festival dimeriahkan dengan penampilan atraksi tari kreasi Mentawai dan hiburan lainnya. ** Daniwarti

693 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*