Ferizal Ajak Perantau Berzakat di Kampung Halaman

Limapuluh Kota, Editor.- Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, mengajak seluruh anak nagari, yang berada di perantauan dapat membayarkan zakatnya di kampung halaman. Sebab, pembayaran zakat di kampung setidaknya akan meningkatkan peredaran uang di masyarakat nagari, sepanjang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah ini.

“Kepada perantau, sebaiknya membayarkan zakat di kampung, supaya bisa dirasakan oleh masyarakat kita yang tinggal di kampung. Seperti halnya zakat mal. Kami ingin, para perantau ikut, sato sakaki, mambangun nagari,” kata Ferizal di sela-sela acara pembagian zakat mal oleh perantau di Masjid Raya Pangkalan, Jum’at (30/6).

Acara pembagian zakat mal itu diprakarsai oleh Aleksander Ilyas Dt Mongguang, salah seorang tokoh perantau asal Nagari Pangkalan. Zakat Mal tersebut menyasar 2000 masyarakat miskin dan anak yatim-piatu pada lima nagari di Kecamatan Pangkalan Koto Baru.

Dalam sambutannya, Wabup Ferizal mengapresiasi kepedulian para perantau khususnya di Pangkalan terhadap masyarakat yang tinggal di kampungnya. “Setidaknya dari zakat perantau ini, sudah ada sekitar Rp1,4 Milyar uang beredar di Kecamatan Pangkalan pada lebaran tahun ini. Alhamdulillah,” ucap Ferizal.

Putra Lareh Sago Halaban ini menambahkan, zakat merupakan kewajiban setiap umat muslim yang mesti dibayarkan oleh masing-masing individu. Terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan tinggi. Sebab, hal ini akan menjadi pertanggungjawaban kelak, tidak hanya di dunia, juga di akhirat.

Selain perantau, kepada seluruh jajaran instansi pemerintahan di Limapuluh Kota, Ferizal juga meminta dapat membayarkan seluruh hak-hak para aparatur sebelum hari raya Idul Fitri. “Seperti gaji para Honorer, THL dan PTT di SKPD, kalau ada yang belum terakomodir oleh anggaran, seyogianya bisa ditalangi. Jangan sampai hak-hak mereka tidak dibayarkan,” ujarnya.

Adapun Aleksander Ilyas Dt Mongguang mengaku, akan terus meningkatkan potensi zakat di daerahnya. Dia berharap, zakat yang dibayarkan bisa bermanfaat serta dapat dipergunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat. “Terutama buat kebutuhan pokok saat lebaran. Kita berharap ini bermanfaat dan barokah,” harapnya. ** Yus

651 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*