Fakultas Hukum UMMY Solok Dirikan LBH Mr. M. Yamin

Dr. Aermadepa, SH, MH (berdiri) tengah rapat bersama Dekan FHUK UMMY Solok membahas Pendirian LBH. Mr. M. Yamin.
Dr. Aermadepa, SH, MH (berdiri) tengah rapat bersama Dekan FHUK UMMY Solok membahas Pendirian LBH. Mr. M. Yamin.

Koto Baru, Editor.- Untuk membantu para pencari keadilan baik di luar maupun di dalam persidangan, Fakultas Hukum Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok menggagas pendirian Lembaga Bantuan Hukum.

Dr. Aermadepa, SH, MH selaku Direktur LBH Mr. M. Yamin di Koto Baru, Jum’at (13/9), mengatakan, lembaga yang menyandang nama Mr. M. Yamin, Dr. Aermadepa, SH, MH kepada Editor menyebutkan, nanti tidak hanya bergerak di dalam kampus melainkan juga di luar kampus.

“Lembaga itu difokuskan kepada pemberian bantuan dan layanan hukum secara cuma-cuma atau gratis secara luas kepada masyarakat. Nama Mr. M. Yamin dipilih karena sejalan dengan nama Universitas Mahaputra Muhammad Yamin sekaligus nama Pahlawan Nasional Mr. M. Yamin,” kata  Aermadepa.

Selain dimaksudkan untuk memberikan pelayanan hukum, lembaga itu nanti juga bertujuan memberikan pendidikan hukum kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat membela diri dan kepentingannya didepan dan/atau diluar pengadilan, mempelopori, mendorong, mendampingi dan mendukung program pembentukan hukum, penegakan keadilan hukum dan pembaharuan hukum nasional sesuai dengan konstitusi yang berlaku dan Deklarasi Umum HAM yang tanggap terhadap kepentingan masyarakat lemah dan miskin. 

Sementara itu, Rifqi Devi Lawra, SH, MH, Dekan Fakultas Hukum Universitas Mahaputra Muhammad Yamin yang juga dipercaya sebagai Penasehat LBH Mr. M. Yamin mengatakan pihaknya mendukung penuh berdirinya LBH Mr. M. Yamin di Solok. 

“Kita mendukung berdirinya LBH Mr. M. Yamin, selain bisa membantu masyarakat, ini juga salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pengabdian Masyarakat,-red), tentu akan menambah kontribusi Universitas kepada masyarakat. Selain kontribusi, kita juga siap bekerjasama dengan semua pihak, memberikan pendapat atau argumentasi hukum kepada Pemerintah maupun DPRD agar produk legislasi yang dilahirkan dapat memenuhi rasa keadilan,” papar Rifqi. 

Dari keterangan Rifqi kepada Sekretaris LBH Mr. M. Yamin Risko Mardianto mengatakan pencetus LBH Mr. M. Yamin itu sendiri adalah Dekan Fakultas Hukum Universitas Mahaputra Muhammad Yamin dan kemudian dibicarakan dengan Dr. Aermadepa, SH, MH hingga digelar rapat bersama dengan alumni yang sudah berkecimpung di praktik hukum. ** RM

1029 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*