Etape V Tour De Singkarak Start di Painan dan Finish di Pariaman

Painan, Editor.- Etape V Tour de Singkarak  yang start di Carocok, Painan dan finish di Pantai Gandoriah, Pariaman ini menempuh jarak 153,1 Km dan  merupakan rute terpanjang. Pebalap harus  melewati Tugu Uha – Jl. Abdul Muis -Jl. Prof Dr. Hamka – Tugu Uha – Bukit Putus – Terminal Sago – Bayang – Tarusan – Barung Barung Belantai – Teluk Kabung – Bungus – Bukit Lampu – Teluk Bayur – Grand Zuri – Simpang Kandang – Kantor Gubernur Sumbar – Simpang DPRD – Simpang Bandara – Simpang Tugu Ikan – Simpang By Pass – Simpang Padusunan – Simpang Cubadak Air – Simpang Apar – Simpang Tugu Tabuik – Simpang Terminal – Gapura Pantai Kata – finish di Pantai Gandoriah.

Nasrul Abit saat memberi sambutan
Nasrul Abit saat memberi sambutan.

Etape ke 5 ini, diikuti oleh 19 tim (7 tim diantaranya dari Indonesia). Salah satu tim yang mengikuti adalah tim PBR Kabupaten Pesisir Selatan.

Start etape ke 5 ini dihadiri oleh, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dan Istri Wartawati Nasrul Abit, Asdep Kementerian Pariwisata RI Hendri Andrizal, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Barat Burhasman, Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat, Bupati Pesisir Selatan Hendra Jhoni beserta istri, Wakil Bupati Pesisir Selatan beserta istri dan Forkopimda Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam sambutan Bupati Pesisir Selatan mengatakan, TdS yang telah berjalan 7 tahun berturut-turut sangat memberikan dampak positif terhadap pariwisata di Sumatera Barat terutama di Kabupaten Pesisir Selatan.

Wako Pariaman memasangkan green jersey pada pembalap iran
Wako Pariaman memasangkan green jersey pada pembalap iran

“Selama 4 tahun kita Kabupaten Pesisir Selatan telah dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaran even internasional ini, untuk itu penyelenggaraan setiap tahunnya harus lebih membaik, terimakasih kepada kita semua yang telah berpartisipasi aktif atas penyelenggaraan even TDS 2016 ini,” ucap Hendra Jhoni.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dalam sambutan mengatakan, lokasi start di pantai carocok ini merupakan lokasi terbaik yang saya lihat. Terimakasih kepada Bupati dan seluruh penyelenggara yang telah ikut serta dalam mensukseskan etape ke 5 TDS 2016.

“Kami sangat mendukung upaya Bupati untuk membangun daerah pesisir selatan, saat ini peserta menginap di Padang, kedepan mudah mudahan peserta bisa menginap di painan dengan adanya hotel yang memadai,” ucap Nasrul Abit

Terakhir sebelum bergerak menuju lokasi finish etape ke 5 Wakil Gubernur Sumatera Barat mengucapkan, “mudah- mudahan dengan banyaknya kunjungan wisata di painan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.”.

Setiba di lokasi finish etape ke 5, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit beserta rombongan yakni Asdep Kementerian Pariwisata RI Hendri Andrizal, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Barat Burhasman, Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat disambut oleh Walikota Pariaman Muchlis Rahman dan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar.

Di lokasi finis ini dihadiri oleh Forkopimda Kota Pariaman, serta masyarakat Kota Pariaman yang telah memadati lokasi pantai gandoriah.

Walikota Pariaman dalam sambutan mengatakan, Kota Pariaman dari awal sampai saat ini selalu mengikuti TDS, dan alhamdulillah banyak dampak positif yang dirasakan bagi pariwisata Kota Pariaman,

“Pada tahun 2009 pantai Gandoriah tidak seperti ini, dan hanya memiliki 1 hotel yakni hotel nan tongga,  sekarang perkembangan semakin membaik dengan bertambah 4 hotel di Kota Pariaman, dan dimanfaatkan oleh para atlet,” ucap Walikota Pariaman.

Pebalap saat memasuki garis finish Eatpe V di Pantai Gandoriah.
Pebalap saat memasuki garis finish Eatpe V di Pantai Gandoriah.

Wakil Gubernur Sumatera Barat mengatakan, pada tahun ini tetap TdS masih didominasi oleh Iran, apalagi saat di kelok 44, ditambah balapan hari ini rute jalan yang ditempuh cukup panjang.

“Harapan kita atlet nasional kita dapat memenangkan di setiap etape yang ada pada TdS yang akan datang,” ucap Nasrul abit.

Kami setiap etape tds mengikuti, dan memperhatikan ternyata TdS ini bermanfaat terhadap ekonomi, pariwisata, dan infrastruktur.

Wakil Gubernu mengatakan, saat ini Tds telah masuk dalam 5 besar even balap sepeda internasional. Halmini membuat Walikota Sungai Penuh Provinsi Jambi, dan Provinsi Riau ingin ikut serta dalam TdS, tetapi dengan catatan harus membenahi jalan dan infrastruktur.

“Berapapun provinsi yg ingin ikut berpartisipasi dalam TdS, tetap icon singkarak tidak boleh hliang dalam pelaksanaan TdS,” ucap Nasrul Abit.

“Dari tahun ke tahun kami berharap semoga pelaksanaan TdS semakin baik”, ucap Wakil Gubernur Sumatera Barat

“Pantai gandoriah memiliki potensi pariwisata yang bagus, untuk menjaga keselamatan perlu dibuat SOP untuk penyebrangan dan pengawasan.
Jika angin kencang maka jangan adakan penyebrangan,” pesan Wakil Gubernur Sumatera Barat

Nasrul Abit mengatakan, “Saat lebaran jumlah pengunjung mencapai 1,6 juta orang, dan setiap pengunjung akan mengunjungi objek wisata di sumatera barat. Untuk itu mari kita berbenah pariwisata di sumatera barat, dan provinsi akan membantu kab/kota yang telah siap untuk mengembangkan pariwisatanya.” ** Hms/Zardi

1191 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*