Empat Siswa SDI RJ Payakumbuh Ukir Prestasi di Tingkat Nasional

Payakumbuh, Editor.- Sebanyak empat orang siswa Sekolah Dasar Islam Raudhatul Jannah (SDI RJ) Kota Payakumbuh, berhasil mendulang prestasi berskala nasional pada iven Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar Tahun 2017 dan Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI) ke-10 yang baru saja berlangsung tanggal 26-29 Oktober, di Bogor Icon Hotel & Convention, Kota Bogor, Jawa Barat.

Keempat orang peserta didik SDI Raudhatul Jannah yang berhasil keluar sebagai pemenang, adalah 3 di Lomba Cipta Pantun atas nama Asyifa Zahra (juara 2), Harapan 1 Salsabila Khalishah Orion, dan Harapan 3 Aisyah Rahmadi. Kemudian satu orang lainnya ialah Zafira Najla Rinjani yang terpilih sebagai Ketua Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI) Angkatan ke-10 yang mendapat dukungan 95 suara dari 165 peserta seluruh Indonesia.

“Siswa SDI Raudhatul Jannah yang multitalenta ini mendapat kesempatan menyampaikan rekomendasi hasil konferensi pada acara wisuda penulis cilik,” kata Kepala SDI RJ, Syamsuardi, yang melaporkannya dari Bogor, siang tadi.

Keberhasilan yang dicapai SDI Raudhatul Jannah, menurut Syamsuardi, tidak semudah membalik telapak tangan. “Kompetisinya cukup ketat,” ujarnya.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Kemendikbud bahwa jumlah naskah yang masuk untuk cabang Cipta Pantun adalah 442 naskah. Seleksi tahap 1 dari tanggal 18 hingga 21 September di Hotel Pranaya, Banten, lolos sebanyak 26 peserta dan langsung diundang ke grand final. Yang lebih menggembirakan lagi dari 6 orang yang masuk nominasi, 3 orang berasal dari SDI Raudhatul Jannah dengan guru pembina Bustanul Abidin.

Kata Syamsuardi lagi, pada acara yang dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, seluruh peserta juga diagendakan mengunjungi pameran literasi yang berlangsung di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, dan wisata edukasi ke Jungle Land Adventure & Theme Park.

Syamsuardi selaku kepala sekolah yang mendapat kepercayaan memimpin pembacaan do’a pada malam puncak anugerah Apresiasi Sastra pada Sabtu malam, 28 September lalu.

Sekadar mengingatkan, dalam iven bergengsi ini SDI RJ mengirim dutanya sebanyak tujuh orang siswa, yang berhasil masuk nominasi pada ajang Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar Tingkat Nasional dan Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI) yang akan berlangsung pada 26 hingga 29 Oktober ini di Hotel Bogor Icon and Convention, Jawa Barat.

Ke tujuh siswa yang lolos seleksi ke tingkat nasional itu terbagi pada empat bidang lomba, yakni lomba Cipta Pantun 3 orang atas nama Aisyah Rahmadi, Asyifa Zahra, dan Salsabilah Khalisha Orion. Lalu lomba bidang Cipta Syair akan diikuti Akbar Dev, Revandra Ahza Rizkia. Kemudian lomba bidang Mendongeng atas nama Zafira Najla Rinjani. Terakhir, lomba bidang Menulis Cerita Pendek Kategori Pemula dengan nama siswa Vany Dwi Andika. ** SAS

1031 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*