Dua Pelaku Pencuri Ternak Ditangkap Bersama Senpi Rakitan di Solsel

Dua pelaku berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Solsel.
Dua pelaku berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Solsel.

Solok Selatan, Editor .- Satreskrim Polres Solok Selatan meringkus pelaku pencurian ternak di Dusun Tangah, Kecamatan Sangir Batang Hari, Jumat (26/6) sekitar pukul 14.00 wib. Dua pria berinisial HB,32 tahun, dan MF,19 tahun merupakan kakak beradik, dia telah melakukan pencurian ternak bersama dua rekannya yang lain yang saat ini masih dalam pengejaran polisi, yakni IL dan RK.

Selama dua kali berkasi di Solsel, berhasil menembak mati tiga ekor sapi dengan senjata api rakitan laras panjang jenis gobok di perkebunan sawit KSI dan PTP VI Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo.

“Daging sapi tersebut dijual tersangka ke Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi,” ungkap Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto didampingi Waka Polres Kompol A.Suryanegara, Senin (29/6).

Aksi pertama kali dilakukan tersangka di bulan Mei 2020, dan kedua kalinya Kamis kemarin sekitar pukul 23.30 wib . Yang berhasi di jual tersebut satu ekor sapi yang telah dipotong-potonh dilokasi kejadian, dengan pendapatan hasil curian itu sebesar Rp2,4 juta untuk satu ekor sapi tersebut.

Sedangkan aksi kedua kalinya, Kamis malam lalu tercium oleh warga adanya suara tembakan di dalam kebun sawit di Nagari Sungai Kunyit itu berdentum sebanyak dua kali.

“Hingga masyarakat setempat langsung menuju lokasi TKP.l, sempat dikejar warga. Namun ke empat tersangkat hilang dalam pengejaran dilokasi kebun sawit,” ujarnya.

Dilokasi pun ditemukan dua unit sepeda motor jenis V-xion R warna merah BH 6317 QF dan honda revo tanpa nomor polisi, termasuk dua ekor sapi yang sudah tergelatak mati usai ditembak pelaku.

Saat dikejar di kebun sawit itu, satu tersangka diketahui identitasnya oleh warga setempat. Karena pernah bekerja disalah satu perusahaan sawit, sehingga memudahkan polisi melacak keberadaan tersangka.

“Kedua tersangka tidak berkutik saat diamankan oleh Satua Satreskrim Polres Solsel di Polsek Sangir Jujuan, ditangan HB disita satu senjata api rakitan jenis gobok dan satu pisau digunakan untuk memotong sapi curian,” paparnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Solok Selatan, Iptu M.Arvi menambahkan, MF tersangka pertama ditangkap di Kantor Wali Dusun Tagah, Kecamatan Sangir Batang Hari, untuk mengambil bantuan langsung tunai (BLT) covid 19 tahap 3. Dia merupakan pengantin baru.

Selanjutnya tim opsnal yang di pimpin  Ipda Budi Saputra, bergerak cepat menuju kediaman HB. Dia menyita barang bukti berupa senjata api rakitan (Gobok) dan sebilah pisau yg digunakan untuk memotong sapi yg disimpan didalam kamar tersangka HB.

“Dua tersangka lainnya masih dalam pengejaran dan ditetapkan sebagai DPO,” ujarnya. ** Natales Idra

207 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*