Dua Lembaga Publik Payakumbuh Rebut Dua Juara III

Payakumbuh, Editor.- Pemko Payakumbuh mencatat prestasi membanggakan di tingkat Sumatera Barat. Payakumbuh memperoleh dua gelar juara ketiga. Dua perunggu, sudah cukup bagi Payakumbuh untuk berdiri sejajar dengan kabupaten  dan badan publik lainnya yang keluar sebagai pemuncak. Hanya Payakumbuh yang sukses merebut dua gelar disanding 18 kota dan kabupaten lainnya di Sumatera Barat.

Kota Payakumbuh beroleh juara ketiga pada kategori badan publik antar kota dan kabupaten. Untuk kategori ini, pemenang I direbut  Kabupaten Dharmasraya dan pemenang II milik  Kabupaten Padang Pariaman. Ketiga kota itu dinilai Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat Syamsu Rizal, SE, cukup terbuka memberikan pelayanan informasi terhadap publik, sebagai aplikasi UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Gelar yang sama kategori BUMD, direbut PDAM Payakumbuh. Sedangkan, Badan Publik  PT Semen Padang, sukses merebut gelar juara I dan disusul PDAM Padangpanjang sebagai pemenang II.

Penghargaan Badan Publik yang diadakan Komisi Informasi Sumatera Barat itu, diserahkan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada walikota diwakili Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis.

Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Ballroom Hotel Bumi Minang Padang, Kamis (8/9). Dihadiri Wagub Nasrul Abit, Ketua Komisi Informasi Pusat diwakili Evy Trisulo D, anggota Forkopimda Sumatera Barat, walikota/bupati se-Sumatera Barat, perwakilan badan publik serta undangan lainnya.

Sekdako Payakumbuh yang dihubungi mengatakan, sukses yang direbut Payakumbuh itu, belum sebanding dengan apa yang diberikan kepada warga kota di Payakumbuh. Menurutnya, pihaknya masih lemah dalam mengaplikasikan undang-undang KIP.

Namun, pihaknya melalui PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi) c/q Bagian Humas Setdako dan Dishubkominfo akan terus  memberikan dan meningkatkan pelayanan ke depan. Sesuai dengan kemampuan financial daerah, pemko akan terus membenahi SDM dan fasilitas untuk menunjang kelengkapan PPID, tegasnya. ** Yus

1107 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*