Drs. Sabrana Apresiasi Tujuh Pesan Sikerei di Mentawai

Padang, Editor.- Program  penyehatan masyarakat yang dicanangkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai dan dikemas dalam bentuk budaya lokal” Tujuh Pesan Sikerei” mendapat apresiasi dari Drs. Sabrana, anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Gerindra.

Sabrana yang sering melihat langsung upaya dari Dinas Kesehatan Mentawai yang dikendalikan oleh Kepala Dinas-nya, Lahmudin Siregar, mengatakan, program Tujuhn Pesan Sikerei itu sangat bagus. Ini sesuai dengan tujuan nasional, dimana dalam butir-butir dari Tujuh Pesan Sikerei itu mengajak masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dari tenaga medis, melahirkan dengann bidan, jangan buang air sembarangan dan juga berperilaku hidup bersih dan sehat.

Dikatakan Sabrana, saat ini Dinas Kesehatan Mentawai sudah sangat memperdulikan layanan kepada masyarakat terutama masyarakat yang berada di pedesaan dan daerah terpencil. Ini terbukti dengan telah banyaknya tenaga kesehatan dan pustu- pustu yang berada di setiap desa. Kepala Dinas Kesehatan Lahmudin jelas terlihat sangat peduli dengan kesehatan warga Bumi Sikerei.

Dengan banyaknya kunjungan masyarakat untuk memeriksa kesehatannya pada tenaga medis, ini menunjukkan kesadaran masyarakatnya sudah tinggi . Upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Mentawai dalam hal kebersihan lingkungan sudah dapat terlihat, dengan adanya desa-desa binaan, seperti desa binaan Ikatan Dokter Indonesia ( IDI).

Masyarakat di Mentawai sekarang sudah sangat peduli dengan kesehatan lingkungan dan keluarganya. Ini terbukti sudah banyaknya warga yang telah membuat jamban keluarga dan juga pemerintah terus berupaya menambah jamban- jamban lainnya di berbagai tempat. Seperti tempat wisata dan tempat- tempat keramaian yang sering dikunjungi umum.

Sementara program- program pemberantasan berbagai penyakit, seperti penyakit malaria, penyakit demam berdarah, penyakit kaki gajah dan lain sebagainya, menurut Sabrana itu telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, namun belum maksimal.Ini perlu  lebih ditingkatkan kwantitasnya. Kalau untuk kwalitasnya sudah baik.

Yang perlu lebih sering dilakukan di Mentawai meningkatkan kegiatan fooging.karena di Mentawai kemungkinan berkembangnya penyakit yang ditularkan oleh nyamuk sangat tinggi, dikarenakan di sekeliling Mentawai adalah lautan dan banyak terdapat genangan air di rawa- rawa.

Disamping itu Sabrana juga meminta kepada Dinas Kesehatan Mentawai untuk lebih seringnya memberikan sosialisasi kesehatan di sekolah- sekolah. Karena aktifitas anak-anak lebih banyak berada di sekolah. Jika anak-anak telah mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan di sekolahnya, ia akan membawanya ke tengah keluarganya dirumah.

Pada kesempatan ini Sabrana melihat cara kerja dari Dinas Kesehatan Mentawai sudah cukup bagus dan untuk kedepannya dapat.lebih ditingkatkan terus, dan kepada Kepala Dinas nya Lahmudin jangan segan-segan untuk selalu mengunjungi daerah- daerah terpencil demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya.

Sedangkan untuk program”Tujuh Pesan Sikerei”, Sabrana mengatakan cukup salut dan pantas Dinas Kesehatan Mentawai diberikan suatu penghargaan atas terobosan yang telah dilakukannya ini. ** Daniwarti

809 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*