Dr Indang Dewata Raih Penghargaan Bintang Dharma Karya Kencana Dari BKKBN Pusat

Indang Dewata saat menerima pengharhgaan.
Indang Dewata saat menerima pengharhgaan.

Padang, Editor.- Dosen Universitas Negeri Padang, Dr Indang Dewata dianugerhi penghargaan dari Pemerintah Pusat cq BKKBN. Selain bersyukur, Dr Indang Dewata menilai apresiasi ini sebagai tambahan motivasi untuk meningkatkan pengabdian yang terbaik dimasa mendatang.

Penghargaan yang diraih adalah Bintang Dharma Karya Kencana (DKK) disematkan di dada Ketua Prodi Magister Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP Ini, yang langsung disematkan oleh Kepala BKKBN RI yang baru, dr Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) yang juga baru dilantik 1 Juli lalu.

“Penghargaan ini bukan kami berpuas diri, tetapi menambah motivasi kami untuk membuktikan bahwa penghargaan ini tidak salah. Bentuk pengakuan BKKBN RI atas yang sudah kami lakukan dalam membantu BKKBN dalam bidang riset dan pengabdian pada masyarakat seperti menjaring isu prioritas kependudukan dan pemberdayaan Kampung KB,” ujar Indang Dewata setelah acara itu di Kampus UNP, Air Tawar Padang, Senin (8/7).

Indang menjelaskan, dalam beberapa periode lalu, dirinya atas izin Rektor UNP kala itu mengabdikan diri di Pemko Padang yakni selalu Kepala Bapeldada Kota Padang. Kecakapan dan kepeduliannya dalam pemberdayaan masyarakat membuahkan hasil yang signifikan. “Saat di Pemko Padang kami sangat banyak membantu program BKKBN Sumbar dalam kependudukan,” kata Indang, yang kembali ke kampus sebagai Ketua Pusat Studi Lingkungan hidup (PKLH) UNP ini.  

Alhasil, Bapeldada Kota Padang yang dipimpinnya terus aktiv berkiprah dalam program kependudukan dan lingkungan hidup. Bahkan , pada Bapeldada Kota Padang yang dipimpinnya mencatatkan kontribusi yang positif dalam pemberdayaan kampung KB.

Indang mengatakan, dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (5/7) dirinya salah seorang yang menerima penghargaan tersebut dari Sumbar, salah satunya adalah Bupati Pesisir Selatan. Dalam kegiatan Harganas  tahun 2019 ini, juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo yang langsung memberikan penghargaan Bintang DKK khususnya Kepala Daerah berpestasi dan menyokong program BKKBN di wilayahnya.

Indang Dewata, yang sehari-harinya dosen UNP ini terus berkiprah dalam program kependudukan dan lingkungan hidup untuk menghadapi ancaman kerusakan dan bencana melalui Puat Studi Lngkungan Hidup (PKLH) UNP. Keberhasilan mantan Kepala Disdik Kota Padang tersebut, merupakan salah  satu prestasi membanggakan bagi UNP, khususnya pusat studi yang ada di institusi ini, sesuai dengan visi Rektor Unp Prof Ganefri dalam menerapkan kampus bersih dan sehat dengan konsep green campus, tentunya juga sebagai langkah kesiapan UNP menuju PTNBH dan tentunya pusat studi memberi kontribusi. ** Humas UNP/Agusmardi

172 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*