DPW PAN Sumbar Bergejolak, Ada Oknum Pengurus Naik di Jalan

Padang,   Editor.- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanant Nasional (PAN) Sumbar belakangan ini mulai bergejolak. Sejumlah kader dan pengurus menentang pola kepemimpinan Ketua DPW PAN Sumbar Ali Mukhni dalam melakukan reshufle kabinetnya, tanpa melalui mekanisme yang benar.

Gejolak ini muncul pasca keluarnya dua Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP-PAN) tentang perubahan pengurus DPW PAN Sumbar yang baru dengan nomor dan tanggal sama. Dalam SK tersebut tercantum dua nama oknum pengurus yang sengaja dinaikkan di jalan, tanpa ada rapat harian dan rapat pleno, sesuai AD/ART partai.

Dalam SK Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/059/X/2017 tanggal 10 Oktober 2017, disebutkan yang menjadi Ketua dan Sekretaris tetap Ali Mukhni dan Taslim Chaniago, sementara untuk bendaharanya adalah Erawati. Sedang SK kedua dan nomor sama, justru nama bendaharanya Dodi Nelvi, ditambah nama Guspardi Gaus sebagai Ketua Harian.

”Ini, kan aneh, masak ada dua SK yang sama dengan nama bendahara berbeda. Kemudian  ditambah lagi dengan nama Guspardi Gaus sebagai Ketua Harian. Bahkan, nama-nama tersebut diusulkan sendiri oleh Ketua DPW (Ali Mukhni sendiri) tanpa melalui mekanisme yang benar, SK tersebut diusulkan oleh Ali Mukhni sendiri tanpa dirapatkan dan tanpa cap stempel partai,” kata salah seorang pengurus DPW PAN Sumbar di Padang, Jumat (20/10).

Menurut pengurus yang menolak disebutkan jati dirinya itu, menyikapi masalah tersebut, bebepa kader PAN Sumbar melaporkan hal itu kepada Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN Amien Rais. Mereka antaralain Eri Rai, Isa Kurniawan dan Boiziardi menemui Amien Rais di Yogyakarta, Rabu (18/10).

Dalam pertemuan tersebut, para kader PAN asal Sumbar ini melaporkan persoalan yang kini tengah terjadi di kepengurusan DPW PAN Sumbar di bawah komando Ali Mukhni kepada Amien Rais. Selaku pendiri dan Ketua Dewan Kehormatan Partai, Amien Rais menyatakan keprihatinannya terhadap pelanggaran aturan yang dilakoni Ali Mukhni dan koleganya itu.

Sementara, Isa Kurniawan yang berhasil dihubungi Editor menyebutkan, dari hasil pertemuan dengan Amien Rais itu, disebutkan bahwa persoalan tersebut akan diteruskan ke DPP PAN untuk ditindak lanjuti.

“Ini memalukan dan bisa merusak masa depan partai. Masak orang PAN membuat SK dengan melabrak aturan partai, seperti orang tidak mengerti berorganisasi,” kata Isa mengutip ucapan Amien Rais.

Isa sendiri tak menampik, kalau kekacauan yang terjadi di tubuh DPW PAN Sumbar belakangan ini tak lepas dari ulah oknum pengurus yang baru bergabung dengan PAN. Sementara Ketua DPW PAN Sumbar Ali Mukhni sendiri bisa pula terpengaruh dengan ajakan dan rayuan oknum-oknum tersebut tanpa memikirkan masa depan partai. “Proses ini akan kita laporkan juga ke Majelis Penasehat Partai (MPP) dan Mahkamah Partai,” tambah Isa di Padang, Sabtu petang. ** Martawin

 

 

1553 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*