DPRD Sumbar Tetapkan Propemperda Tahun 2020

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib saat memimpin rapat paripurna.
Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib saat memimpin rapat paripurna

Padang, Editor.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat menetapkan Propemperda Tahun 2020 pada rapat paripurna, Rabu (27/11/2019).

Wakil Keta DPRD Sumbar Suwipen Suib saat memimpin Rapat paripurna mengatakan, dalam rangka penataan dan efektivitas dan efisiensi pembentukan produk hukum daerah, maka perlu disusun perencanaan pembentukan produk hukum daerah yang terpadu, terarah dan sesuai dengan skala perioritas daerah.

Perencanaan produk hukum daerah, sebagaimana dimaksud diatas meliputi penyusunan Ranperda, perencanaan penyusunan Ranperda Komulatif terbuka dan rencana penyusunan Rabnperda diluar propemperda.

Pada kesempatan ini Suwirpen juga mengatakan, sejalan dengan kebijakan pemerintah, dalam penataan produk hukum, maka kedepan orientasi dalam pembentukan Perda tidak lagi pada aspek kuantitas, akan tetapi yang paling penting untuk segera dibenahi adalah penataan dan harmonisasi produk hukum daerah dengan peraturan perundang undangan yang lebih tinggi.

Sementara itu Wakil Ketua Bapemperda DPRD Sumbar Siti Izati Azis saat melaporkan hasil pembahasan dengan Pemprov Sumbar mengatakan, Ranperda yang diusulkan oleh pemerintah provinsi ada 10 Ranperda. Diantaranya Ranperda tentang pengelolaan energi, Ranperda Pengelolaan hutan, Ranperda penyelengaraan Perpustakaan dan Ranperda tentang keamanan pangan .

Sedangkan untuk komulatif terbuka ada tiga Ranperda. Yaitu Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019, Ranperda Perubahan APBD 2020 dan Ranperda tentang APBD 2021.

Sementara untuk Ranperda Prakarsa DPRD Sumbar terdapat lima Ranperda diantaranya, Ranperda Perlindungan Perempuan dan anak, Ranperda Pemenuhan Hak Disabilitas dan Ranperda Perlindungan Nelayan, Ranperda Tata Kelola Harga Komoditi Ungulan Daerah dan Ranperda Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Sastra indonesia.

Pada hari yang sama DPRD juga melakukan penetapan terhadap Rencana kerja (Renja) DPRD Provinsi Sumatera Barat 2019-2024. Pada sesi tersebut Suwirpwen juga mengatakan, dalam penyusunan Renja DPRD, terlebih dahulu perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Renja DPRD periode sebelumnya,agar dapat diketahui permasalahan hambatan dan kendala yang dihadapi, sehinga dapat diproyeksikan rencana program, kegiatan, tujuan, sasaran dan terget kinerja yang akan dicapai kedepannya.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib dihadiri oleh Sekda prov Drs Alwis , Asisten I , Pimpinan OPD dijajaran Pemprov Sumbar , Anggota Forkopimda dan Undangan lainya. ** Herman

426 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*