DPRD Riau Studi Banding KE DPRD Sumbar

Padang, Editor.- Pansus Ranperda tentang pengakuan masyarakat adat di Provinsi Raiu, Selasa 31 Oktober 2017 melakukan studi banding ke DPRD Provinsi Sumatera Barat. Kedatangan DPRD Riau ini dijamu oleh Ketua Komisi I  Drs Achiar SPD, MM dan Wakil Ketua Komisi I Sabrana SE yang didampingi oleh OPD OPD terkait.

Ketua Pansus Ranperda tentang Pengakuan masyarakat adat di Provinsi Riau,  Husaimi Hamidi, usai melakukan hearing dengan dengan DPRD Sumbar menjelaskan, saat ini DPRD Riau sedang membikin Ranperda tentang pengakuan masyarakat adat. Setelah dipelajari, Sumatera Barat ini adatnya sangat kuat dan masyarakatnya terlindungi. Dari itu pansus sepakat untuk melekukan studi banding ke Sumatera Barat.

Menurut Husaimi, setelah  melakukan diskusi dengan DPRD Provinsi Sumatera Barat dan instansi terkait, memang benar bahwa di Sumatera Barat masyarakat  diperhatikan hak haknya. Sementara di Riau sendiri banyak masyarakat adat itu terpinggirkan atau terabaikan oleh pengusaha pengusaha besar yang membuka industri di Riau .

Untuk Itu kami sebagai wakil rakyat, harus memperhatikan masyarakat, sebagai tangung jawab i dalam melindungi masyarakat kami. Setelah melakukan studi banding ke Sumater Barat ini kami banyak dapat ilmu,   jelas Husaimi Hamiidi.

Terkait hal ini, Ketua Komisi I DPRD Sumbar Drs  Achiar SPD MM mengatakan, tujuan  Katua Ransus Renperda Tentang pengakuan masyarakat adat  Provinsi Riau ke DPRD Sumbar, mereka ingin meminta masukan ke DPRD Provinsi Sumatera Barat. Untuk itu kita menghadirkan instansi terkait. Seperti Biro Pemerintahan, Lingkungan Hidu, Dinas DPMD  Sumbar guna untuk dimintakan  masukan.

Sementara itu Wilkendri Dt Rajo Basa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)   Sumbar dalam pertemuan dengan DPRD Riau menjelaskan, belum lama ini Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) Sumatera Barat selama dua hari melakukan hearing dan mendengarkan pokok pokok pikiran  dari  masyarakat adat yang ada di nagari nagari di Sumatera Barat dan juga sudah melakukan inventarisasi terhadap masyarakat adat yang ada di Sumatera Barat. Iini akan berlanjut terus..

Dalam Kunjungan studi banding Ketua Pansus Ranperda Pengakuan Masyarakat Adat di Provinsi Riau ke DPRD Sumbar juga didampingi oleh Sekretarian DPRD Riau dan Instansi terkait . ** Herman

705 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*