DPRD Padang Gelar Workshop Wartawan Parlemen

Padang, Editor.- Kemitraan DPRD dan Pers sebagai media kontrol bagi pemerintah daerah. Salah satu titik hubungan kemitraan adalah fungsi kontrol terhadap kebijakan pemerintah. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra saat membuka secara resmi kegiatan Workshop dengan tema Peningkatan Kwalitas Publikasi Wartawan Parlemen, Senin (5/9), di Hotel Axana.

“Peran Pers harus melakukan kontrol sosial yang berkaitan kepentingan publik, baik dibidang politik, ekonomi, sosial dan yang lain sebagainya. Prinsip kontrol adalah untuk menjaga agar segala sesuatu berjalan sesuai ketentuan, harapan, arahan, program yang telah ditetapkan. Misalnya, saat penyusunan rencana atau program, termasuk ketika lembaga DPRD menetapkan APBD,”katanya.

Pada kesempatan itu, Wahyu juga meminta anggota FWP Kota Padang bekerja profesional dalam melaksanakan peliputan di DPRD Kota Padang. “Saya mengimpikan lahirnya wartawan handal dan hebat di Kota Padang. Wartawan yang berkeliber nasional, namun lahir dari rahim FWP DPRD Kota Padang. Saya bahkan menyarankan anggota FWP diberikan pelatihan bahasa Inggris, sehingga nantinya bisa go internasional,” ujarnya

Sementara itu, Sekretaris DPRD Padang, Ali Basar menyampaikan, DPRD Kota Padang merupakan lembaga legislatif, dalam menjalankan tugas – tugas dan fungsinya sehari – hari perlu menjalin kerjasama dengan awak media baik cetak maupun media elektronik.

“Dengan kerjasama tersebut, sehingga apa yang dihasilkan DPRD tersebut dapat tersosialisasikan kepada masyarakat dan aspirasi masyarakat juga dapat tersalurkan dengan baik sesuai dengan kaedah – kaedah dan peraturan yang berlaku, ” ujar Ali Basar.

Lebih lanjut dijelaskan, kaedah dan peraturan yang berlaku tersebut tertuang  dalam UU No. 40 Tahun 1999 Pasal 2 yang menyebutkan, “Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip – prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum,”kata Mantan Dishubkominfo Padang ini.

Ia juga mengingatkan, wartawan yang ada di DPRD Kota Padang agar lebih profesional lagi dalam bekerja dan melaksanakan tugas jurnalistik. Karena tujuan kegiatan ini memang untuk peningkatan publikasi dan profesionalitas wartawan.

Ditambahkan, kegiatan workshop ini merupakan landasan untuk melakukan study banding yang akan dilaksanakan pada Selasa hingga Jum’at (6 – 9 September 2016 ) mendatang ke DPRD Kota Tangerang Selatan dan DPD RI Jakarta.

“Semoga kegiatan study banding yang akan dilasanakan nanti, dapat membawa hal – hal yang positif yang dapat di implementasikan di Kota Padang Sumatera Barat kedepannya, ” ungkap Ali Basar.

Ketua FWP Kota Padang yang diwakili oleh Zamri Yahya dalam sambutannya mengatakan, anggota FWP yang mengikuti kegiatan workshop ini sebanyak 28 orang. Ia meminta, workshop ini benar-benar diikuti dengan serius, karena merupakan salah bentuk pencerdasan kepada anggota FWP DPRD Kota Padang.

“Saya berharap, teman-teman mengikuti kegiatan ini dengan serius. Menyimak dan memahami materi yang disampaikan oleh narasumber nantinya,” cakapnya.

Dalam kegiatan workshop tersebut melibatkan dua tokoh pers Kota Padang sebagai narasumber yakni Eko Yanche Edrie dan Alwi Karmena. ** Arman/f

810 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*