DPRD Kab. Solok menggelar Sidang Paripurna: Fraksi-Fraksi Setuju Penegerian TK di Kab. Solok

Sekdakab Solok Aswirman, SE, MM yang mewakili Bupati Solok dan Wakil Ketua DPRD Kab. Solok Lucky Effendi yang memimpin sidang paripurna.
Sekdakab Solok Aswirman, SE, MM yang mewakili Bupati Solok dan Wakil Ketua DPRD Kab. Solok Lucky Effendi yang memimpin sidang paripurna.

Arosuka, Editor.- DPRD Kab. Solok menggelar Sidang Paripurna dalam rangka Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-fraksi terhadap Persetujuan Penegerian Sekolah TK dan Penetapan Persetujuan Penegrian Sekolah TK, bertempat di ruang sidang utma DPRD setempat,  Rabu (22/1).

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kab. Solok Lucky Efendi tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Renaldo Gusmal, Sekda Kab. Solok Azwirman, Forkopimda, Fraksi Fraksi DPRD Kab. Solok dan anggota DPRD Kab. Solok.

Adapun Taman Kanak-kanak yang  dinegerikan  itu adalah TK Pembina Kec. Kubung, TK. Dhama Wanita Kec. Kubung, TK Pembina Kec. Gunung Talang, TK Pembina Kec. Bukit Sundi, TK. Tunas Harapan Kec Lembah Gumanti  dan TK.Pelita Hati Kec. X Koto Singkarak.

Dalam Pandangan Akhir  Fraksi PAN yang dbacakan oleh Etranedi menyatakan, pada dasarnya Fraksi PAN Khususnya Komisi I dapat menerima/setuju penegerian sekolah TK. Namun fraksi PAN menyarankan beberapa hal, antara lain penyelesaian masalah Kepemilikan lahan disertai dengan dokumen yangg sah. Melengkapi sarana dan prasana yang dibutuhkan, memiliki guru didik yang sesuai dengan standar kompetensi yang dimiliki.

Sementara dalam Pandangan  Akhir Fraksi Partai Gerindra yang dibacakan oleh Hafni Hafiz, pada dasarnya Fraksi Gerindra, khususnya komisi I menerima/setuju penegrian sekolah TK. Namun Fraksi Gerindra Menyarankan kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, arena bermain untuk anak didik, operasional, dan ruang belajar penambahan guru dan status kepemilikkan lahan, pembanguann aula, meningkatkan kualitas SDM Guru TK.

Hal yang sama juga di sampaikan Fraksi  PKS  dalam Pandangan Akhir yang dibacakan oleh Yusfedizen. Dimana pada dasarnya Fraksi PKS, Khusus komisi I menerima/setuju penegerian sekolah TK. Namun Fraksi PKS menyarankan beberapa hal, seperti sarana dan prasana gedung sekolah, rumah dinas kepala sekolah, pagar sekolah, dan kendaraan perasional antar jemput murid dan penggadaan guru berstatus PNS bagi yang belum, agar dapat meningkatkan kualitas SDM guru-guru yang sudah ada. Yang akan menjadi guru TK adalah pribadi-pribadi yang lembut dan penyayang, menjadi guru TK berkarakter itu penting supaya didapat hasil didikan yang gemilang.

Ditambahkan Yusfedizen,  masalah-masalah yang lain yang terkait pendidikan yang harus dibenahi diantaranya adalah masalah SMP 5 Lubuk Tareh, Nagari Garabak Data Kec. Tigo Lurah . Seperti penambahan guru PNS yang Mana  di seklah ini hanya ada 1 guru PNS dan selebihnya Guru Honrer.

Masalah SD 14 Kec. IX Koto Sungai Lasi yang  terkendala pada guru yang mana guru PNS Hanya 1 yaitu kepala Sekolah  dan guru lainya hanyalah Tenaga Honorer, dan PBM di sekolah ynag kurang lancar.

Masalah Masjid Islamic Center Koto Baru Solok sebagai icon spiritual Kabuapten Solok yang telah menghabiskan APBD puluhan milyar, agar dapat mmeperbaiki sarana dan prasarana berupa perbaikan WC/ Toilet dan halama parker.

Bidang Olahraga,  dimana Fraksi PKS menyarankan agar biudang olahraga dapat dipisahkan dari disdikpora, agar kabupaten solok bisa menjadikan semua cabang olahraga berprestasi. Serta beberapa masalah lain, diantranya kondisi sarana dan prasarana sangat tidak layak untuk menunjang proses PBM dan kondisi keadaan sekolah yang belum jauh dikatakan layak. Dan diharapkan perbaikan dan pengadaan aspek-aspek tersebut menjadi wajib untuk diadakan.

Dalam Pandangan Akhir Fraksi  PPP yang dibacakan oleh Nelson juga menyampaikan, Fraksi PPP Khusus komisi I menerima/ setuju penegerian sekolah TK. Namun fraksi PPP menyarankan agar dapat meningkatkan kualitas SDM, kesejahteraan guru honorer, Peningkatan kesehatan untuk anak-anak tentang penyakit menular, dan di sektor pariwisata agar dapat menghasilkan pendapatan asli daerah di sektor THKW, Arosuka.

Selain itu juga merancang pesantren dan madrasah untuk membentuk pribadi yang lebih baik dan memperdayaan BUMD dan memperdayakan Gerakkan Magrib Alqur’an dan Subuh Berjamaah. Dan juga fraksi PPP mengharapkan agar pemerintah membuat surat edaran untuk menghentikan semua kegiatan ketika adzan berkumandang dan pergi sholat berjamaah. Adapun nagari yang telah menerapkan  kegiatan tersebut  yaitu nagari gantung ciri yang telah melounching gerakan menutup warung dan toko dengan kain yang telah disediakan.

Pada Pandangan Akhir Fraksi Partai Demokrat  yang dibacakan oleh Dian Anggraini, juga disampaikan,  Fraksi Demokrat Khusus komisi I menerima/setuju penegrian sekolah TK, namun fraksi Demokrat menyarankan agar dapat meningkatkan sarana dan prasarana seperti menyelesaikan masalah lahan, peningkatan i9nfrastruktur yang memedai termasuk para majelis guru, serta menempatkan guru2 yang kemampuannya diatas rata-rata.

Hal yang sama juga disampaikan Fraksi  Partai Golkar  dalam Pandangan Akhir yang dibacakan oleh Vivi Yulistia Rahayu. DimanaFraksi Golkar Khusus komisi I menerima/setuju penegerian sekolah TK. Namun fraksi Golkar menyarankan agar untuk melengkapi sarana dan pra sarana sekolah jumlah guru PNS sedikit dibanding dengan tenaga Honorer,dan juga status Kepemilikan tanah yang masih berstatus hibah.

Sementara itu Fraksi Partai NasDem dalam Pandangan Akhit yang dibacakan oleh Azwirman, memberikan pandangan dan pertimbangan, Penegrian TK sudah sangat mendesak dengan alasan, rendahnya jumlah anak yang terlayani di PAUD /TK dikarenakan belum semua orang tua menyadari pentingnya TK, masih terbatas nya jumlah lembaga PAUD/TK, terbatasnya sarana dan pra sarana dan fasilitas yang dimiliki.   Perlu dan bersifat mendesak DPRD untuk mendukung dan menyetujui penegerian TK di seluruh Kab. Solok. Dari itu pada Prinsipnya Fraksi Partai NasDem menyetujuinya, namun harus memperhatikan terkait dengan lahan bangunan yang dibuktikan dengan bukti kepemilikan.

Dalam pandangan Akhir Fraksi PDI-P Hanura yang dibacakan oleh Sukri Firman juga menerima/setuju Penegerian sejumlah TK di Kab, Solok dan menyampaikan beberapa hal terkait Pengembagan SDM, perhatian khusus terhadap guru bantu honorer berkaitan dengan kesejahteraan mereka, Masa tumbuh kembang anak dengan bantuan tambahan makanan, Bantuan alat edukatif untuk menumbuh minat dan perkembangan otak anak di usia emas. ** Tiara/ Ismardi/Adv

263 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*