DPD KNPI Kota Pariaman Gelar Pelatihan Wawasan Kebangsaan

Pariman, Editor.- Hal paling utama  dalam wawasan kebangsaan yang mesti dimiliki oleh pemuda adalah akhlak dan moral. Apabila ke dua hal tersebut telah dimiliki oleh pemuda, insyaallah bangsa dan Negara ini akan menjadi lebih baik kedepannya.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara Pelatihan Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kota Pariaman yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, bertempat di ruang pertemuan Joyo Makmur, Senin (4/9).

“Pemuda Indonesia umumnya dan Pemuda Kota Pariaman khususnya harus mempunyai karakter, cerdas, kreatif dan inovatif dalam menangkap peluang yang ada, sehingga dapat mengembangkan dirinya, baik dalam peluang usaha maupun tentang wawasan kebangsaan,” katanya.

Wako juga mengapresiasi atas apa yang DPD KNPI Kota Pariaman ini lakukan , karena dengan digelarnya kegiatan ini, pemuda dapat berkarya membuat sebuah kegiatan, yang mencakup seluruh lapisan pemuda yang ada di Kota Pariaman.

“Dengan digelarnya acara ini, saya juga bisa bersilaturahmi dengan para anggota DPD KNPI, utusan Ormas Kepemudaan, PK, BEM, dan OSIS yang ada di Kota Pariaman, karena dengan silaturahmi, akan terjalin Jembatan Hati antara Pimpinan dengan yang dipimpin, khususnya para Pemuda, apabila Pemuda sudah bergerak pada hal yang positif, kita doakan Kota Pariaman, akan terjauh dari penyakit masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut wako yang juga sekaligus narasumber dalam acara ini mengingatkan pentingnya pemuda berhati-hati dalam menggunakan Media Sosial (Medsos), karena apabila tidak bijak mengunakan,  mengelola dan menafsirkan suatu informasi, maka mereka juga akan terjerumus dalam penyebar berita Hoax, yang nanti dapat terjerat dengan Hukum.

“Selain harus berhati-hati dalam medsos, pemuda juga harus menjadi pelopor kebaikan dengan menjauhkan diri dari hal-hal yang merusak, seperti Narkoba dan Pergaulan Bebas. Kemudian pemuda juga harus mempunyai empati terhadap permasalahan yang ada, baik skala local, nasional bahkan internasional, seperti yang dilakukan kali ini, yaitu penggalangan dana untuk Muslim Rohingya,” ungkap Mukhlis.

Dalam sambutan Ketua DPD KNPI Kota Pariaman Reza Saputra mengatakan, acara ini dilakukan selama 3 hari, mulai dari 4-6 September 2017. Bertempat di ruang pertemuan Joyo Makmur dengan menghadirkan Narasumber yang berkopeten untuk itu dan didiikuti oleh 100 orang peserta, yang terdiri dari anggota DPD KNPI, PK, Ormas Kepemudaan, BEM dan OSIS se Kota Pariaman.

“Pemuda itu harus aktif dan memiliki salah satu kemampuan, antara lain, harus memiliki kemampuan dalam bidang Seni, Olahraga dan Organisasi, apabila mereka sudah mempunyai salah satu dari itu, mereka akan punya kesempatan bersaing dan memimpin,” tuturnya.

Pemuda tidak hanya sebagai objek, tetapi sebagai subjek, dengan diserahkannya kegiatan ini pada DPD KNPI Kota Pariaman, sehingga  mereka dapat menyalurkan kemampuan mereka dengan menggelar kegiatan wawasan kebangsaan ini, dengan tema “Melalui pelatihan wawasan kebangsaan kita bentengi diri dari ideology perbuatan makar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”.

“Kita juga menggelar aksi nyata untuk membantu saudara semuslim kita Muslim Rohingya di Myanmar, bersama-sama dengan Aliansi Masyarakat Pariaman Peduli Rohingya, menggalang dana selama seminggu kedepan, untuk disumbangkan kepada mereka,” tutupnya. ** J/Hms/Sgr

657 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*