DPD dan DPC LPM Tanah Datar Gelar Musyawarah dan Rapim

Batusangkar, Editor.- Musyawarah dan Rapat Kerja Pengurus Dewan Pimpinan  Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Tanah Datar,  bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dari 14 kecamatan,  dibuka oleh  Bupati  Tanah datar  yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Kamis (21/12),  bertempat di Aula Kantor Dinas PMDPPKB Pagaruyung.

Bupati dalam sambutannya yang disampaikan  Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis  mengatakan, LPM sebagai  organisasi kemasyarakatan  yang bergerak di bidang sosial mulai dari pengurus LPM Nagari, Pengurus DPC LPM Kecamatan dan juga DPD LPM Kabupaten agar  dapat mendukung program pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar. Baik dari  pembangunan fisik, sosial, budaya maupun kemasyarkatan ,dan  siap untuk menjadi ujung tombak dalam pelaksanaannya.

Lahirnya  Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, serta PP 43 tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan Undang-undang desa dan PP 22 tahun  2015 tentang  Alokasi Dana desa (Nagari)  yang bersumber dari APBN, menuntut peran aktif LPM di semua tingkatan. Terutama dalam penyususnan  perencanaan pembangunan yang berskala nagari serta membangkitkan dan mengali partisipasi  serta pemberdayaan masyarkat dalam pelaksanaan pembangunan di tingkat nagari.

“Diharapkan setiap pembangunan di tingkat nagari betul-betul dapat menyelesaikan permasalahan yang menyangkut pembangunan infrasturuktur dan pemberdayaan  masyarakat yang muaranya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Mukhlis..

Kepala Dinas PMDPPKB Adrion Nurdal yang diwakili oleh Sekretaris  Faisal A  dalam laporannya menyampaikan, fungsi dari  LPM adalah tempat penampungan aspirasi masyarakat, peningkatan percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, penyusunan rencana/pelaksanaan hasil-hasil pembangunan, penumbuh-kembangan swadaya gotong royong masyarakat dan pengembangan potensi sumber daya alam serta keserasian lingkungan hidup.

d“Kegiatan ini Diikuti seluruh ketua DPD LPM dan DPC LPM. Hasil musyawarah dan rapat kerja ini diharapkan akan  menambah motivasi bagi seluruh pengurus LPM, baik itu DPD maupun  DPC, Dalan acara ini juga didatangkan nara sumber dari DPW LPM Provinsi Sumatera Barat,” jelas Faisal .** Jum  

 

882 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*