Dosen UNP Ikuti Sosialisasi Kebijakan Kemenristek/BRIN Panduan Penelitian

Sosialisasi Kebijakan Kemenristek- Badan BRIN dan Panduan Penelitian di UNP.
Sosialisasi Kebijakan Kemenristek- Badan BRIN dan Panduan Penelitian di UNP.

Padang, Editor.- Sekitar 600-an dosen Universitas Negeri Padang (UNP) dengan penuh semangat mengikuti mengikuti Sosialisasi Kebijakan Kemenristek/ Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi Revisi 2019. Peserta memadati Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang dari pagi hingga menjelang siang, Senin (13/1/2020).

Sosialisasi Kebijakan Kemenristek/ Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) menghadirkan Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek, Prof Dr Ocky Karna Radjasa, PhD dan Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi Revisi 2019 menghadirkan  Reviewer Nasional, Prof Dr Saryono, MSi.

Pada laporan Ketua LP2M (Lembaga Penelitian dang Pengabdian Masyarakat) UNP, Prof Dr Yasri, MS memaparkan perkembangan penelitian desentralisasi dan penelitian kompetitif nasional dari tahun 2018 dan tahun 2019, dimana pada tahun 2018 total dana Rp5,814 Miliar pada tahun 2019 mengalami peningkatan yang signifikan menjadi Rp15,515 Miliar.

Sementara pada  program Kemitraan Masyarakat, Pengembangan Kewirausahaan, Pengembangan Unit Produk Intelektual Kampus, KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat dan program Pengembangan Produk Unggulan Daerah dan Pengemban Desa Mitra pada tahun 2018 yang hanya Rp670 juta, pada tahun 2019 menjadi Rp1,021 Miliar.

 “Melalui sosialisasi ini LP2M berupaya mengoptimalkan para dosen dan peneliti lebih bersemangat lagi dalam riset, apalagi bisa melahirkan inovasi dengan dunia industri,” ujar Ketua LP2M UNP, Prof Yasri.

Sementara itu Rektor UNP Prof. Ganefri PhD dalam sambutanya mengatakan dengan adanya peningkatan alokasi anggaran penelitian telah terjadi Peningkatan Publikasi dan HKI Dosen UNP Tahun 2019

“Pada saat ini UNP menghadapi tantangan yang berat terutama untuk meningkatkan jumlah dan mutu proposal penelitian dan kegiatan pengabdian. Hal ini karena mulai tahun ini LP2M UNP sudah berada pada klaster mandiri, ujar Prof Ganefri dalam sambutanya pada kegiatan Sosialisasi, Senin (13/1).

Lebih lanjut jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. oleh karena UNP telah berada pada klaster mandiri maka UNP akan memperoleh peningkatan jumlah dana penelitian yang mengakibatkan dosen UNP memperoleh peluang yang cukup besar pula mendapatkan dana kegiatan peneliti dan kegiatan pengabdian dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Untuk itu dosen UNP perlu mempersiapkan proposal penelitian dan pengabdian.

Pada kesempatan itu,  Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. juga mengemukakan capaian kinerja bidang penelitian yakni publikasi artikel ilmiah dosen pada penerbit terindeks global dan sertifikat HKI yang diperoleh dosen UNP terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada tahun 2019.

Untuk menyampaikan materi sosialisasi tersebut, dimoderatori Prof Yasri kedua pembicara yang dihadirkan tampil dengan antusias untuk berbagi informasi hingga menjelang, sebanyak 600-an dosen UNP itu fokus dengan kegiatan ini. ** Agusmardi/Humas UNP

722 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*