Ditargetkan 178 Akseptor, Kota Pariaman Capai 200 Akseptor KB Baru

Genius Umar.
Genius Umar.

Pariaman, Editor.- Kota Pariaman yang ditargetkan 178 orang akseptor baru Keluarga Berencana (KB) dari 17.388 di Provinsi Sumatera Barat, sebagai dampak dari diperlakukannnya PSBB (di rumah saja), sudah melebihi hingga 200 orang. Secara nasional tahun target 1 juta aseptor KB baru untuk menekan meningkatnya angka kelahiran di saat pandemi Covid-19.

Demikian diungkapkan Walikota Pariaman Genius Umar, Senin (28/6), saat pembukaan pelayanan Serentak Sejuta Akseptor Dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 di Puskesmas Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman Sumatera Barat Menurut Genius Umar, selama pandemi Covid-19 masyarakat dihimbau untuk di rumah saja. Ternyata memberikan dampak terhadap meningkatnya angka kehamilan. dengan Tema hari harganas  keluarga Berencana ,keluarga Berbudaya,keluarga Produktif

“Seperti di pulau Jawa terjadi peningkatan jumlah kehamilan hingga 17 persen. Sedangkan di Kota Pariaman sendiri terjadi kenaikan kelahiran hingga 8 persen. Jika penduduk Indonesia mencapai lebih  dari 250 juta, tentu peningkatan 17 persen secara nasional akan menimbulkan berbagai akibatnya,” kata Genius.

“Diantara akibatnya, dibutuhkan sumber makanan yang harus bertambah, pemukiman, dan sebagainya. Kebutuhan gizi juga harus menjadi perhatian serius sehingga tidak melahirkan anak-anak yang stunting, atau kekurangan gizi. Padahal asupan gizi bagi anak adalah penting,” kata Genius.

Khusus di Pariaman, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Nazifah  dan Dinas Kesehatan  Syahrul didampingi kabid kesehatan Rita mengatakan kita  harus berkerjasama untuk meningkatkan asupan gizi anak  dan ibu hamil. Sehingga ke depan tidak ada anak-anak Kota Pariaman yang stunting atau kekurangan gizi. Jika anak-anak Kota Pariaman terhindar dari stunting, Insya Allah anak Kota Pariaman menjadi orang yang berguna, sehat dan mandiri nantinya. ** Afridon

164 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*