Disdukcapil Kab. Agam Terus Tingkatkan Kerjasama Dengan PA

Sidang Isbat Nikah di Malalak.
Sidang Isbat Nikah di Malalak.

Malalak, Editor.- Kerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Agam dengan pihak Pengadilan Agama (PA) terus dilakukan. Melalui kegiatan Pelayanan Terpadu Sidang Isbat Nikah di Kantor Wali Nagari Malalak Selatan Kecamatan Malalak, pada hari Senin, (8/4) telah di Isbat kan 9 pasangan pasutri.

Seperti dikatakan Kepala bidang Catatan Sipil Disdukcapil Agam, Syahrial SH, MM, pada Editor via ponselnya. Ia mengatakan Sidang Isbat Nikah diperuntukkan bagi perkawinan yang tidak tercatat atau yang menikah siri. Pasangan Suami-isteri (pasutri)yang menikah siri tidak bisa disatukan dalam kartu keluarga (KK). Begitu pula anak dari hasil pernikahan siri.

Di akta kelahiran hanya tercantum nama ibu, sementara nama ayah tidak ada. Karena salah satu syarat pengurusan KK dan akta kelahiran adalah buku nikah orangtua. Sementara pasutri nikah siri, otomatis tidak mendapatkan buku nikah. Pasalnya, pernikahan mereka hanya sah secara agama dan belum medapat pengakuan pemerintah.

Ketika pasutri nikah siri telah menjalani sidang isbat nikah dan telah mendapat pengakuan pemerintah. Seluruh surat-surat kependudukannya berubah, mulai dari KK hingga akta kelahiran anak. Kegiatan ini secara langsung ikut mendukung program tertib administrasi kependudukan guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk.

Sidang Isbat Nikah terhadap 9 pasangan pasutri yang dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Agama Maninjau Hakim Ahsan Dewi dan petugas Dinas Dukcapil Agam itu menerbitkan13 Akta Kelahiran anak dari pasutri yang baru saja melaksanakan Sidang Isbat Nikah, kata Syahrial. Pada kegiatan itu turut hadir Wali Nagari Malalak selatan, Amir Koto. ** Yos

555 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*