Dispora Kota Solok Adakan Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan

Solok, Editor.- Dinas Pemuda Olahraga Kota Solok mengadakan kegiatan pelatihan kewirausahaan. Kegiatan tersebut dibuka Oleh Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Solok, Jusmardi, S.Pd, Senin (13/3).

Kegiatan itu akan dilaksanakan selama 5 hari kedepan dan diikuti oleh 13 kelurahan sekota solok yang dihadiri oleh 30 orang peserta. Materi pelatihan dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu pelatihan perbengkelan dan pengelasan. Peserta bidang perbengkelan sebanyak 20 orang ditempatkan di SMK Muhamadyah Kota Solok dan akan dilatih keahliannya oleh instruktur mekanik yang telah ditunjuk oleh dinas pemuda olahraga. Sedangkan peserta dibidang pengelasan sebanyak 10 orang ditempatkan disebuah bengkel las Sawah Piai Kelurahan Tanah Garam Kota Solok untuk dilatih keterampilan pengelasan oleh instruktur mekanik las yang ditunjuk oleh dinas.

Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Jusmardi S.Pd dalam pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, dengan adanya kegiatan ini akan dapat membuka peluang bagi para peserta untuk memperlihatkan keterampilan mereka dan bisa juga mereka pergunakan untuk peluang usaha bahkan membuka lapangan pekerjaan bagi mereka sebagai mekanik. Diharapkan sekali kepada peserta agar mempergunakan keterampilan tersebut sebaik mungkin, jangan sampai ilmu yang didapat selama pelatihan dibawa tidur saja.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih peserta agar terampil dalam ilmu perbengkelan dan pengelasan. Semoga bisa mereka manfaatkan sebaik mingkin hasil dari pelatihan ini. Saya sangat berharap sekali agar ilmu yang didapat dalam pelatihan ini jangan dibawa tidur, pergunakan sebaik mungkin,” ucap Jusmardi

Dijelaskan, setelah mereka selesai melaksanakan pelatihan selama lima hari berturut-turut, nanti mereka akan diberikan sertifikat pelatihan yang menunjukan bahwa mereka sudah mampu untuk berwirausaha sendiri dengan bekal pelatihan dari pengajar yang berpengalaman.

Salah seorang peserta dibidang perbengkelan, Hardi (28) menuturkan kepada Editor,  dalam pelatihan mereka diajarkan tentang dasar-dasar dari tekhnik perbengkelan seperti memperbaiki mesin.

“Saya sangat senang sekali dapat ikut dalam pelatihan ini,  karena saya sangat ingin sekali belajar ilmu perbengkelan, disini saya dapat mengenali teknik mesin dan cara memperbaikinya. Kegiatan ini sangat menguntungkan bagi saya karena bukan hanya ilmu yang saya dapat bahkan saya nantinya juga mendapatkan sertifikat keterampilan. Saya akan pergunakan ilmu keterampilan yang didapat  sebaik mungkin nantinya,”  kata Hardi ** Roni Akhyar

 

1009 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*