Disparpora Mentawai Gelar Rakor Pelaku Jasa Tranportasi Mentawai

Tua Pejat, Editor.- Sebanyak 25 pelaku jasa transpotasi di Tua Pejat Mentawai mengikuti Rapat Koorsinasi Pelaku Jasa Transportasi yang diadakan oleh Dinas Periwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kab. Kep. Mentawai yang di gelar di aula Oinan Guest House, Tua Pejat, Senin (20/11).

Kedua puluh lima peserta Rakor tersebut mewakili dari masing- masing jenis transportasi yang ada di Mentawai. Diantaranya transportasi jasa boah, becak motor, angkot dan ojek motor. Peserta Rakor mengikuti arahan, penjelasan dan bimbingan yang diberikan oleh Rusli dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga  sebagai nara sumber .

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Desti Seminora yang.membuka secara resmi Rakor tersebut mengatakan, setiap orang yang datang ke Mentawai itu adalah wisatawan. Mereka perlu diperlakukan istimewa, karena ia akan memberikan dampak ekonomi bagi kita di Mentawai khususnya di Tua Pejat ini.

Lebih jauh dikatakan Desti, dampak ekonomi diberikan oleh para wisatawan itu adalah dia menggunakan jasa transportasi baik darat maupun laut. Mereka akan meninggalkan uangnya disini. Untuk itu tentu kita harus ramah dan siap memberikan layanan pada mereka para wisatawan itu.

Menurut Desti, layanan yang harus diberikan pada wisatawan itu, seperti sapaan yang ramah diiringi senyum, jangan segan- segan membantu mengangkat barangnya dan jangan pernah berkata kasar serta memperlihatkan kebosanan.

Sementara untuk kendaraan yang akan membawa wisatawan itu perlu diperhatikan keamanannya. Seperti kalau untuk transportasi laut, perlu diperhatikan kesiapan mesin dan bahan bakarn dan keamanan bodi boat- nya. Untuk transpotasi darat Desti meminta agar sepeda motor atau mobil yang digunakan harus dalan keadaan sehat mesinnya.J angan sampai ada kejadian yang kehabisan BBM sebelum sampai ke lokasi tujuan dan rusak mesin di perjalanan.

Untuk ojek sepeda motor Desti meminta agar menyiapkan surat-surat kendaraan yang lengkap dan menyiapkan helm bagi penumpang ojek. Mengenai harga kepada pelaku jasa transportasi Desti meminta jangan sampai ada yang mencekik harga. Berikanlah harga standar dan sesuai dengan jarak dan tujuan.

“Untuk kedepannya akan diadakan koordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Perindag  Dinas Perhubungan dan Dinas Pendapatan untuk menetapkan standart harga,” kata Desti..

Lebih lanjut dijelaskan, untuk lebih terkoordinirnya jasa transportasi kedepannya akan dibuatkan pakaian seragam dengan logo. Ini menandakan bahwa transportasi di Mentawai sudah terkelola dengan satu pintu. Para pelaku jasa transportasi akan diberikan pakaian jacket dengan nama ” Kaipa Transportasi’. ** Daniwarti

662 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*