Diskoperindag Tanah Datar Bikin Film Jaksa Masuk Pasar

Suasana saat syuting film Jaksa Masuk Pasar.

Batusangkar, Editor.- Dinas Koperindag Tanah Datar membikin film pendek  dan Simulasi tentang proses Jaksa Masuk Pasar, serta pemakaian Alarm Pengaduan  yang syutingnya dilaksanakan di Pasar Bertingkat Batusangkar, Kamis (25/4) yang diarahkan langsung oleh Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan, SE.

Kepala Dinas Koperindag Marwan, SE yang  inovator melakukan terobosan baru  berkolaborasi dengan  OPD , instansi Vertikal  serta  pihak Swasta di Kabupaten Tanah Datar melaksanakan Program Gerakan Cepat Sehat Indah dan Tertib (GESIT ).

Dia menyatakan, untuk sehat, kami bekerja sama dengan Rumah Sakit Sayang Ibu dengan memberikan pelayanan kesehatan berupa cek tensi, gula darah bagi para  pedagang dan juga pengunjung pasar Batusangkar, dimana konsep sehat ini adalah sehat pedagang, sehat dagangannya  dan sehat penjualannya.Tentang indah,  yaitu  masyarakat pengunjung pasar harus merasa nyaman dan aman apa bila berkunjung ke pasar  dan hal ini  telah dibuktikan dengan berhasilnya  Kabupaten Tanah Datar  meraih Adipura dan Pasar Ramah Lingkungan.

Sedangkan  untuk Tertib kita berkerja sama dengan dua instansi Vertikal yaitu Kejaksaan Negeri Tanah Datar dan Polres Tanah Datar. Semenjak program Jaksa masuk Pasar kesadaran pedagang untuk membayar retribusi kepada pemda  sekitar 800 juta rupiah  yang menungak sekarang telah  mencapai target.Sedangkan untuk  Tertib kedua,kita  bekerja sama dengan Polres  memasang Alarm pengaduan masyarakat yang langsung terhubung dengan Polisi apabila masyarakat mengalami tindak kejahatan pasar,Ujar  Marwan disela syuting film pendek

Pada kesempatan yang sama Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar,  MHD Fatria, SH, MH mendukung program pemerintah dengan inovasi  Jaksa Masuk Pasar yang bertujuan memberikan pelayanan hukum secara gratis. Misalnya konsultasi masalah Perdata dan Pidana, serta mempermudah masyarakat mengambil tilang setiap hari Kamis di Pasar Bertingkat, jadi tidak perlu jauh datang ke Pagaruyung.

“Kami juga membantu Dinas dalam rangka menertibkan retribusi dan sewa toko yang menunggak sejak tahun 2009,” ungkap Fatria
Ditempat terpisah, Kapolres Tanah Datar AKBP H Bayuaji Yudha Prajas, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Dinas Koperindag  tersebut. Dia mengatakan, setiap pengaduan masyarakat  akan  direspon dengan cepat.

“Ini adalah tugas dari kepolisian yang harus bergerak cepat. Manfaatkan Alarm Pengaduan yang ada di Pasar Bertingkat Batusangkar tersebut, sehingga Polri cepat bertindak,“ ujar Kapolres. ** Jum

203 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*