Dishub Kominfo Sumbar Sosialisasikan Media Seni Tradisional

Muaro Sjunjung, Editor.- Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi (Dishub Kominfo) Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan sosialisasi media seni tradisional di Muaro Sijunjung, Senin (8/8). Sosialisasi yang diikuti 40 orang peserta itu merupakan wakil dari Kabupaten Solok, Dharmasraya, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Tanah Datar, Kota Solok, Sawahlunto dan tuan rumah Sijunjung.

Menurut Kadishub Kominfo Amran diwakili Kabid Kominfo Nurfitriman, media seni tradisional tidak hanya berperan sebagai media seni pertunjukan dan hiburan, tetapi juga mengandung pesan moral dan informasi pendidikan lainnya. Karena itu, pemerintah memandang perlu melestarikan dan meningkatkan peran media seni tradisional ini untuk menunjang dan menyukseskan pembangunan bangsa,” katanya.

13882637_1725493564370100_3464475321919446357_nSebagai tindak lanjut dari upaya tersebut, Dishub Kominfo Sumbar melaksanakan kegiatan sosialisasi tahap pertama di Lubuk Basung, beberapa waktu lalu, kemudian dilanjutkan tahap ke dua di Muaro Sijunjung. Usai sosialisasi ini nanti, para peserta akan dikutkan dalam lomba di tingkat Sumatera Barat, awal September mendatang di Padang.

Dikatakannya, usai lomba para peserta akan diseleksi dan akan dimasukkan dalam tim Sumatera Barat untuk mengikuti lomba tingkat nasional di Tenggarong, Kutai Kertanegara. Pada  tahun lalu, Sumbar diwakili tim dari Padang Panjang, berhasil keluar sebagai juara kedua tingkat nasional.

Sementara itu, Asisten III Setdakab Sijunjung Jofritas mengapresiasi kegiatan sosialisasi media seni tradisional oleh Dishub Kominfo Sumbar di daerahnya. Sebab, keberadaan media seni tradisional yang tumbuh dan lahir di kalangan masyarakat saat ini mulai berkurang seiring modernisasi. Padahal, media seni tradisional berfungsi untuk menyampaikan pesan-pesan moral untuk menyukseskan pembangunan,” katanya.

Bukan cuma itu, Jofritas juga mengaku keberadaan media seni tradisional ini perlu didukung oleh instansi lain di luar Dishub Kominfo, seperti Pariwisata dan Dinas Pendidikan. Ketiga instansi tersebut dinilainya patut saling bekerjasama untuk mendorong tumbuh kembangnya media seni tradisional ini. “Jadi, untuk menumbuhkembangkan media seni tradisional ini, harus dikerjasamakan,” tambah Jofritas yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut. **Martawin

700 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*