Disdikbud Tanah Datar Gelar Sosialisasi Program Pendidikan

Batusangkar, Editor.- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, Abrar membuka secara resmi Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga Bagi Satuan Pendidikan PAUD, SD dan SMP beberapa waktu lalu di Aula Kantor Bupati Pagaruyung.

Sosialisasi ini dilaksanakan  3 angkatan, yaitu pada tanggal 18, 19 dan 20 Agustus 2017 yang diikuti 486 satuan pendidikan yang terbagi menjadi  162 orang dalam setiap angkatan,yang dilaksanakan pada tempat yang sama.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kubudayaan Abrar dalam sambutannya  menyebutkan lembaga pendidikan adalah suatu tongak dasar dalam perkembangan kepribadian anak yang membutuhkan campur tangan keluarga untuk  menciptakan akhlak yang baik bagi anak-anak di Tanah Datar.

“Melalui sosialisasi ini kita berharap agar terbangun komunikasi yang sejalan antara keluarga dengan lembaga pendidikan sehingga tugas yang besar ini terbagi secara bersama untuk menciptakan generasi yang berilmu dan bekarakter.Pendidikan keluarga ini sangat penting dan itu menjadi perhatian pemerintah pusat dan menjadi tugas pemerintah daerah untuk menenkan masalah sosial di Tanah Datar khususnya” ujar Abrar

Sosialisasi angkatan pertama melibatkan 4 Kecamatan  di Kabupaten Tanah Datar yaitu Kecamatan Rambatan, Pariangan, Lima Kaum dan Tanjung Emas yang terlaksana atas kepercayaan pemerintah pusat dan sosialisasi program pendidikan keluarga bagi satuan pendidikan tersebut berlanjut untuk seluruh Kecamatan se Tanah Datar di hari berikutnya.

Menyingung pembentukan karakter, Abrar menyebutkan bahwa misi pemerintahan Kabupaten Tanah Datar yaitu “Adaik Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah” yang menjadi patokan dasar dalam pembentukan karakter generasi selanjutnya.

Ditambahkan Abrar, untuk mendukung terwujudnya generasi yang berilmu dan berkarakter kita sudah memulai, dengan sudah banyaknya Rumah Tahfiz yang kita tahu seorang penghafal Al Quran sudah terdidik secara sempurna baik karakter, ahklak maupun ilmunya. is

Diakhir sambutannya Kadis Abrar menyampaikan, kegiatan sosialisasi berbasis keluarga ini mendatangkan narasumber dari pemerintah pusat yakni Aldi Sutrisno, M.Pd Direktorat Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini dapat mendorong peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap keluarga dalam pemenuhan hak tumbuh kembang anak secara optimal” pungkas Abrar.

Abrar pun berharap dalam acara sosialisasi ini akan bisa mendapatkan dan juga menemukan formalasi yang tepat untuk pemdidikan keluarga yang akan dilaksanakan oleh guru-guru disatuan pendidikan dan juga bagi orang tua anak didik. ** Jum

1039 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*