Disdik Payakumbuh Pastikan Siap Gelar UNBK Tingkat SMP

Agustion,
Agustion,

Payakumbuh, Editor.- Dinas Pendidikan Payakumbuh menyatakan siap mensukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tanggal 22 April 2019 mendatang.

Walaupun masih ada 2 sekolah yang akan menumpang. Namun hal tersebut tidak akan mengganggu proses pelaksanaan ujian, tersebut ujar Kadisdikbud Payakumbuh H.A H.Agustion dalam percakapan dengan media ini kemaren di ruang kerjanya.

Menurut Agustion, tahun ajaran 2018/2019 ini , ada  5.979 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Kota Payakumbuh akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2019. Para siswa ini akan ujian  di 23 sekolah yang akan mengikuti ujian nasional tanggal 22 – 25 April nanti.

“Ada sebanyak 2646 siswa/siswi SMP Negeri dan Swasta, serta ada sebanyak 3333 siswa/siswi Madrasah Negeri dan Swasta yang ikut di Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Agustion juga menyebutkan SMP Negeri yang pada tahun 2018 lalu ada 4 SMP Negeri yang menompang ke sekolah lain untuk melaksanakan UNBK, sekarang hanya tersisa 2 sekolah saja yang menumpang. Sekolah tersebut adalah SMPN 9 Payakumbuh dan SMPN 10 Payakumbuh.

“Keduanya menumpang di SMA N 2 Payakumbuh, dan satu lagi ada SMP Swasta Muhammadiyah yang menompang ke SMK Mitra,” ujarnya.

Dinas Pandidikan Kota Payakumbuh juga telah mengalokasikan sekitar 20 unit komputer per sekolah, artinya ada 100 komputer yang disediakan Pemko Payakumbuh untuk menunjang kebutuhan UNBK sekolah.”Komitmen pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan sarana pendidikan secara bertahap direalisasikan lewat pelaksanaan proses pengadaan komputer yang pada tahun lalu masih kurang disekolah-sekolah, kita juga mengapresasi sekolah bersama komite yang berhasil memenuhi kebutuhan komputer disekolahnya dengan inisiatif sendiri,” ujar Agustion.

Agustion mengatakan dengan pemenuhan sarana pendidikan secara bertahap dan melalui proses yang sesuai aturan, Walikota Payakumbuh selalu mengingatkan agar Dinas Pendidikan dapat merangsang pertumbuhan kualitas pendidikan anak didik, melalui pemenuhan sarana dan program pendidikan yang pasti dan berkesinambungan.

“Kita berharap, semoga nilai siswa kita meningkat dari tahun kemaren, dan untuk tahun depan, pelaksanaan UNBK mandiri di setiap SMP yang ada di Kota Payakumbuh dapat terealisasi dengan baik, Pemko Payakumbuh sadar akan hal tersebut, walaupun anggaran kita terbatas kita akan cari jalan keluar terbaik demi pendidikan yang bermutu dan maju,” pungkasnya. ** Yus

143 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*