Diresmikan Bupati Tanah Datar, Pacu Kuda Wirabraja Diramaikan Ribuan Pengunjung

Bupati Irdinansyah Tarmizi saat memberi Sambutan.
Bupati Irdinansyah Tarmizi saat memberi Sambutan.

Batusangkar, Editor.- Ribuan penonton meramaik alek nagari Pacu Kuda Wirabraja tahun 2019 di Gelanggang Dang Tuanku Bukit Gombak, Minggu (6/10) .

Pada hari pertama ini, pacuan kuda turut disaksikan Danrem 032 Wirabraja, Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma, Ketua Pordasi Sumbar, Ketua DPRD Tanah Datar,  serta Forkopimda di lingkungan Pemkab Tanah Datar.

Wirabraja Pacu Kuda Open Race dan Tradisional 2019 dibuka secara resmi oleh Bupati  Irdinansyah Tarmizi diawali dengan penyerahkan bendera Pordasi kepada dewan steward dan Wakil Bupati Tanah Datar melepas race pertama tanda dimulainya pacu kuda.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, terkhusus kepada panitia pelaksana Kodim 0307/ Tanah Datar.

Pacu kuda ini merupakan kegiatan alek anak nagari, perlu terus dilestarikan. Disamping sebagai kegiatan alek anak nagari, pacu kuda ini juga sebagai atraksi budaya yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu secara turun temurun.

“Ini perlu terus kita lestarikan dan harus tetap terlaksana dengan baik,” kata bupati didampingi wabup Zuldafri.

Pada kesempatan tersebut bupati juga menghimbau, “Mari kita ikuti alek pacu kuda ini dengan tertib dan saya minta waktu sholat, kegiatan dihentikan sejenak,” harap bupati.

Sementara itu Ketua Pelaksana Letkol Inf. Edi S Harahap yang juga Dandim 0307/ TD  menyampaikan, pacu kuda yang dilaksanakan selama 2 hari 6 s/d 7 (Minggu dan Senin)  ini diikuti sebanyak 43 ekor kuda, 3 diantaranya berasal dari provinsi tentangga seperti Sumatra Utara 1 ekor, Riau 1 ekor dan Jambi 1 ekor, selebihnya, diikuti kuda dari berbagai kabupaten kota di Sumatera Barat.”Pada kesempatan ini  kami dari panitia pelaksana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan  acara Pacu Kuda  Wirabraja Open Rece/Tradisional ini, “ ujar Edi S Harahap.

Pada hari pertama (6/10) akan memperlombakan 9 kelas di antaranya, Kelas E terbuka 1200 M, Kelas CD Remaja 1200 M, Kelas AB  terbuka 1200 M,  Kelas C Terbuka 1200 M, Kelas AB 3 th Derby Sumbar 1400 M,  Kelas Calon Derby 3 tahun 1200 M,  Kelas Lokal/Sagalo 600 M, Kelas Draf Bugih Baru 2400 M dan Kelas Draf Bugih Lama 3200 M.

Pacu Kuda Wirabraja Open Rece dan Tradisional ini diawali dengan pacu Draf Bugih yang di tompangi para Forkopinda yang terjadi insiden kecil Draf Bugih yang di joki Wakil Bupati Zuldafri Darma yang didampingi oleh Istri saat mau dilepas tidak bisa dikendalikan oleh Wabup dan bertabrakan dengan Draf Bugih yang di tompangi oleh Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Edi.S.Harahap.pada insiden tersebut tidak  ada yang terluka.** Jum

262 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*