Dinas PTSP Kota Sawahlunto Bantu Pendaftar Kartu Prakerja Gelombang Kedua

Kantor Walikota Sawahlunto.

Sawahlunto, Editor.- Dinas PTSP Naker Kota Sawahlunto akan membantu masyarakat dalam melakukan pendaftaran online kartu Prakerja gelombang 2 di Rumah Kreatif PTBA Lapangan Segitiga. Kegiatan ini telah membantu lebih dari 100 pendaftar.

Dwi Dharmawati Kepala Dinas terkait menjelaskan, layanan pendaftaran gelombang 2 ini diperuntukkan bagi mereka yang tidak lolos pada gelombang pertama dan untuk mereka yang belum mendaftar dari kelompok pencari kerja, UMKM terdampak corona dan pekerja yang dirumahkan tanpa diupah.

“Hingga saat ini, gelombang pertama dibuka, lebih dari 100 pendaftar telah disetujui mengakses program ini di Rumah Kreatif PTSP Kota Sawahlunto” ujar Dwi

Menurut Dwi, Kementrian Tenaga Kerja sampai akhir tahun 2020 akan melaksanakan  lebih dari 30 gelombang pendaftaran Kartu Prakerja. Gelombang baru akan dimulai setiap minggunya. Pendaftaran program dilakukan secara online melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Peserta yang dapat menghubungi diri sendiri adalah warga negara Indonesia (WNI) melanjutkan di 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Saat melakukan pendaftaran melalui halaman resmi yang disediakan pemerintah tersebut, peserta hanya mendaftarkan data pribadi seperti nama, tempat / tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), swafoto dengan KTP, dan nomor telepon.

Pendaftaran Kartu Prakerja memang tidak dipungut biaya apa pun. Namun, pendaftar harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang terdiri dari 19 soal. Tes akan berlangsung dengan waktu maksimal selama 25 menit, di mana hasil tes akan muncul sekitar 5 menit kemudian.

Kartu Prakerja diambil secara fisik, dilengkapi kode unik yang berisi 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Peserta dapat memilih program pelatihan yang diinginkan pada program digital mitra resmi, seperti Tokopedia, Skill Academy oleh Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker. Peserta dapat mengikuti pelatihan jika pelatihan pertama telah selesai.

Terkait dengan nominal, setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapat paket dengan total Manfaat mendapat Rp3.550.000. Dana tersebut diberikan dalam bentuk bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta. Insentif akan ditransfer melalui rekening bank atau e-wallet LinkAja, OVO atau GoPay milik peserta.

Insentif terdiri dari insentif pelatihan pasca-penuntasan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan atau alokasi Rp2,4 juta. Selain itu, diberikan insentif Setelah peserta melakukan survei penilaian sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali, dengan total nilai Rp 150.000. ** Dinno

266 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*