Dinas PSDA Sumbar Raih Stand Terbaik di Minangkabau Summit HPN 2018

Kepala Dinas PSDA Sumbar Rifda Suriani ST saat mendampingi koodinator kegiatan saat menerima penghargaan stand terbaik dalam Manangkabau Summit 2018.
Kepala Dinas PSDA Sumbar Rifda Suriani ST saat mendampingi koodinator kegiatan saat menerima penghargaan stand terbaik dalam Manangkabau Summit 2018.

Padang, Editor.- Semarak Hari Pers Nasional yang berlangsung dari tanggal 1 sampai 9 Februari  2018 dimeriahkan dengan bergagai acara. Salah satunya dengan kegiatan Minangkabau Sumit 2018 yang berlansung 5-9 Februari 2018 di Gor Haji Agussalim Padang.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. k Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Barat juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Pada hari pertama Pameran  Stand  Dinas PSDA dihadiri oleh Kepala Dinas PSDA Sumbar Rifda Suriani, ST.Sp didampingi oleh Kabid Bina teknik dan Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas PSDA Sumbar.

Kepala Dinas PSDA Sumbar Rifda Suriani ST.Sp berfoto bersama saat mengunjungi Stand Dinas PSDA Sumbar.
Kepala Dinas PSDA Sumbar Rifda Suriani ST.Sp berfoto bersama saat mengunjungi Stand Dinas PSDA Sumbar.

Pameran dan stand Dinas PSDA Sumbar cukup ramai dikunjungi oleh pengunjung. Hal ini disebabkan karena banyak hal menarik yang ditampilkan. Diantaranya games corner yang berhadiah berbagai souvenir manarik yang disiapkan oleh panitia.

Upacara penutupan kegiatan Minangkabau Summit  2018 yang berlangsung pada tgl 9 Februari 2018 di GOR Haji Agussalim Padang yang diahadiri oleh wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit beserta istri  berlansung dengan meriah.

Dalam acara puncak peringatan hari Pers Nansional 2018 ditampilkan tarian Minang, PermainanKIM, pemberian hadiah kepada pemenang pada setiap kegiatan serta pemilihan stand  terbaik pada setiap ketegori yang diperlombakan.

Dari  hasil Lomba Stand, Stand Dinas PSDA Sumbar  berhasil menjadi Stand terbaik pada kategori perencana infrastruktur. Prestasi ini tentu tidak luput dari kerja sama yang baik diantara tim serta dukunggan yang telah diberikan oleh semua pihak. Penghargaan ini diterima lansung oleh koordinator kegiatan Arian Dodi, ST yang disaksikan oleh kepala Dinas PSDA Sumbar Rafida Suriani ST, Sp yang didampingi oleh kepala Bidang Bina Teknik.

Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat Rifda Suriani ST, Sp menyampaikan, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA)  Provinsi Sumatera Barat, sebagai aparat pemerintah daerah pasca reformasi adalah menyelenggarakan urusan Desentralisasi dan Dekonsentarasi bidang pengelolaan Sumber Daya Air, dengan prinsip pemanfatan air secara holistik, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Menurut Rifda Instansi ke PU an ini telah menjalankan tugasnya sejak tiga belas tahun yang lalu berdasarkan Perda Provinsi Sumatera Barat No 5 tahun 2001. Keberadaannya merupakan kelanjutan dari instansi yang sudah berjalan  sebelumnya, yaitu Dinas PU Pengairan Sumatera Barat yang landasan pokok kegiatannya adalah Undang Undang Nomor 11 tahu  1974 tentang pengairan dengan dukungan beberapa Perda.

Dasar Hukum yang lain adalah Undang Undang Nomor 7 tahun  2004 tentang Sumber Daya Air, Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2008  tentang pengelolaan Sumber Daya Air. Berikut beberapa peraturan pemerintah lainnya yang aplikasinya meliputi pengelolaan konservasi Sumber Daya Air, serta peningkatan peran serta masyarakat dan stakeholder dalam menanggulangi permasalahan yang dihadapi  sesuai dengan Undang Undang Nomor 7 tahun 2004.

Dasar Hukum Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat

Dalam rangka pengimplementasikan Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daereah dan Peraturan Daerah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menetapkan dan mengundangkan peraturan daerah Nomor 8 tahun  2016 tentang pembentukan dan susunan Perangkat daerah Provinsi Sumatera Barat.

Penetapan peraturan daerah tersebut membawa perubahan terhadap struktur organisasi perangkat daerah provinsi Sumatera Barat, yang sebelumnya mengacu kepada Unsdang Undang Nomor 32 tahun  2004  tentang pemerintah daerah dan peraturan pemerintah Nom or 41 tahun  2007  tentang organ isasi perangkat daerah.

Sesuai dengan Peraturan daerah Nomor 8 tahun  2016 tentang pembentukan dan sususan perangkat daerah Provinsi Sumatera Barat tgl 1 November 2016  pada Bab II pasal 2 huruf d Nomor4 .Bahwa Dinas Pen gelolaan Sumber Daya Air merupakan Dinas dengan Tipe B , menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang Sub Urusan Sumber Daya Air.

Adapun fungsi Dinas pngeloaan Sumber Daya Air ,perumusan kebijakan dibidang sumber daya air sesuai peraturan perundang undangan ,yang meliputi konservasi pendayagunaan dan pengendalian daya rusak .

Pelaksanaan kebijakan dibidang sumber daya air sesuai peraturan perundang undangan yang meliputi penyusunan program dan anggran serta evaluasi kinerja pelaksanaan kebijakan , pengembangan sisitim pembiayaan dan pola investasi ,serta penanggulangan darurat dan rahabilitasi kerusakan infrastruktur sumber daya air akibat bencana alam.

Penyusunan norma, standar prosedur dan kriteria dibidang sumber daya air sesuai peraturan perundang undangan. Pelaksanaan pengaturan pengelolaan sumber daya air. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi dibidang sumber daya air sesuai peraturan perundang undangan meliputi pembinaan hidrologi pertencanaan wilayah sungai. Pembinaan pelaksanaan kontruksi ,pembinaan aset sumber daya air, pembinanan operasi dan pemeliharaan, pengendalian pemanfaatan, pembinaan kelembagaan pemberdayaan masyarakat dan pelaksanaan tugas`lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan tugas dan fungsinya. ** Herman/Mul

 

 

787 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*