Dinas Pangan Limapuluh Kota Galakkan Program Nagari Mantap

Gusdian Laora.
Gusdian Laora.

Limapuluh Kota, Editor.- Dinas Pangan Kabupaten Limapuluh Kota, sekarang, sedang  menggalakkan kegiatan Program Nagari Mantap. Kegiatan, seperti yang sudah berjalan,  ini dilaksanakan secara bertahap, sampai terwujudnya nagari mandiri dan tahan pangan.

Keterangan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Limapuluh Kota, Gusdian Laora, pihaknya pada tahun anggaran 2017-2018 ini memang tengah giat-giatnya melaksanakan Program Nagari Mantap. “Ini bertujuan agar tercapainya nagari mandiri dan tahan pangan yang jelas dan tetap,” kata Gusdian saat dihubungi di ruangan kerjanya, Jumat (8/12).

Dia menguraikan, nagari mandiri yang hendaknya dicapai itu, antara lain, berupa nagari yang benar-benar sudah mandiri dalam segala aspek kehidupan. Nagari yang mampu mewujudkan ketahanan pangan yang saat pengejahwantahannya di lapangan melibatkan lintas sektoral. Bahkan, jika diperlukan amat, bisa melibatkan pihak ketiga.

Sementara mengenai bentuk kegiatan, kata Gusdian, yaitu berupa mencari tahu di nagari mana terjadinya rawan pangan serta mencari tahu apa-apa saja yang mengakibatkan terjadinya kerawanan soal pangan itu. “Termasuk mencari tahu apa saja akses-akses yang mengarah kepada kerawanan tersebut, seperti bagaimana akses pendidikan, bagaimana akses kesehatan, dan bagaimana akses transportasi,” katanya.

Pada tahun berjalan (2017) ini, pihaknya telah melakukan pembinaan terhadap 14 nagari. Direncanakan, pada 2018 mendatang, akan dilakukan pada 2 nagari lagi.

Membentuk nagari mandiri itu adalah sesuatu langkah yang positif. Oleh sebabnya, untuk mewujudkannya, kata Gusdian, pihaknya harus melakukan secara bertahap. Mulai dari tahan persiapan, pengembangan, sampai tahap pramandiri, dan hingga tercapai nagari mandiri. Nagari yang mandiri dimaksud adalah sebuah nagari yang benar-benar sudah tidak lagi bergantung pada pihak lain dalam segala aspek kehidupan, serupa pemenuhan dana buat pengembangan suatu usaha, misalnya.

Program ini, tambah Gusdian, merupakan sebuah program yang sesuai dengan Rencana Pembangunan  Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 supaya tercapainya visi daerah dalam mewujudkan Limapuluh Kota yang sejahtera dan dinamis, yang mantap berlandaskan iman dan taqwa. **SAS

958 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*