Dinas Kesehatan Metawai dan TMMD ke 104, Berikan Penyuluhan Kanker Servik 

Sosialisasi masalah Kanker Servik di Mentawai.
Sosialisasi masalah Kanker Servik di Mentawai.

Mentawai, Editor.- Kanker serviks  penyebab utama pembunuh bagi kaum perempuan di dunia, termasuk indonesia yang sangat rentan bagi kaum perempuan baik yang telah menikah maupun belum menikah, namun telah memasuki usia produktif secara seksual.

Menyikapi hal ini, pada kegiatan TMMD ke 104, Dinas kesehatan Mentawai Lamuddin bersama prajurit TNI memberikan penyuluhan deteksi dini kanker leher rahim kepada masyarakat yang di ikuti sebanyak 80 kaum perempuan di aula Makodim 0319 Mentawai.

“Kegiatan ini sifatnya upaya mencegah sejak dini bagi kaum perempuan melalui edukasi,” kata Kepala seksi Promosi Dinas Kesehatan Mentawai, kata Evi Ester kepada wartawan  Editor , Kamis (21/3)..

Menurutnya, pola hidup bersih dan pelestarian lingkungan perlu dilakukan, apa lagi saat ini banyak pengaruh yang datang dari luar, sehingga sangat mudah terkena serangan virus yang menyebarkan berbagai penyakit berbahaya.

Selain itu, prilaku hidup sehat yang di praktekan dalam kehidupan sehari-hari harus dari dasar kesadaran, jadi hasil dari pembelajaran akan menjadikan seseorang dapat menolong diri sendiri serta berperan aktif mewujudkan kesadaran masyarakat untuk sehat.

Di katakan, penyuluhan ini bertujuan untuk mendekatkan informasi seputar pentingnya kesehatan reproduksi bagi kaum perempuan di mentawai agar dapat terhindar dari bahaya kanker serviks melalui tes IVA.

Deteksi sejak dini, kata Evi Ester sangat penting di kampanyekan kepada seluruh kaum permpuan di mentawai dan juga menjadi tanggung jawab kita bersama dalam penanganan kanker serviks, bagaimana mengajak kaum perempuan sadar dan tergerak sendiri untuk melakukan pemeriksaan IVA, ucapnya.

Melalui penyuluhan dan koordinasi secara intens dari berbagai kalangan dalam kegiatan kampanye cegah kanker serviks harus terus di galakan bersama untuk meningkatkan kesehatan reproduksi khususnya pencegahan dini kanker serviks bagi kaum permpuan di bumi sikerei, tegasnya. ** Afridon

405 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*