Dikpora Kota Pariaman Keluarkan Surat Edaran Pelaksanaan Kelulusan SD dan SMP 

Kanderi, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Pariaman.
Kanderi, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Pariaman.

Pariaman, Editor – Menyikapi  terus mewabahnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di  Kota Pariaman, untuk kelulusan pelajar kelas 6 SD dan kelas 9 SMP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman Sumatera Barat Barat membuat Surat Edaran (SE) tentang ,pelaksanaan Penilaian Kelulusan dan Kenaikan Kelas Peserta Didik jenjang SD dan SMP Tahun Ajaran (TA) 2019/2020.

Dalam SE ini, Dinas Dikpora memberikan instruksi ke sekolah SD dan SMP se Kota Pariaman, dalam penilaian kelulusan dan kenaikan kelas peserta didik jenjang SD dan SMP. Ujian kelulusan sekolah dalam bentuk tes dan mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan.

“Saat ini Pemko Pariaman telah meliburkan atau belajar di rumah bagi pelajar dari tingkat TK, SD, SMP sampai SMA se derajat, dimana saat ini telah memasuki minggu ke lima, dan belajar dirumah ini masih dilanjutkan selama pandemi COVID-19 masih berlangsung,” ujar Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Kanderi, Selasa (21/4)

Selain itu untuk kelulusan SD, ditentukan berasakan dari nilai 5 (lima) semester terakhir (kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 semester ganjil), kelulusan Jenjang SMP, ditentukan berasakan dari nilai 5 (lima) semester terakhir,” kata Kanderi.

“Untuk pengumuman kelulusan jenjang SD, akan diumumkan pada tanggal 12 Juni 2020 , sedangkan untuk jenjang SMP, diumumkan lebih cepat, yaitu tanggal 5 Juni 2020 mendatang,” katanya

Untuk Kenaikan kelas, Dinas Dikpora menginstruksikan agar Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas, dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa juga tidak diperkenankan. Untuk kenaikan kelas SD, ditentukan berdasarkan nilai semester, yaitu Penilaian Harian (PH) dengan Penilaian Tengah Semeseter (PTS), dengan rumus 2 X PH ditambah PTS dibagi 3.

“Kenaikan kelas SMP, kita menginstruksikan agar sekolah ditentukan berdasarkan nilai semester, yaitu nilai Rata-Rata Ulangan Harian (RUH), bagi SMP yang belum melaksanakan PTS. Sedangkan bagi SMP yang telah melaksanakan PTS dapat melakukan penilaian berdasarkan penilaian harian dan PTS dengan rumus 2 PH +PTS/3,  untuk pengambilan raport rencana kita akan laksanakan pada tanggal 20 Juni 2020, serta libur semester genap dimulai dari tanggal 20-30 Juni 2020” ungkapnya.

“Untuk pembagian Raport, rencananya akan kita antar langsung oleh sekolah ke rumah peserta didik, dengan mempertimbangkan situasi saat ini yang belum memungkinkan untuk membuat keramaian, dan hal ini menunggu keputusan dari Pemko Pariaman,” ulasnya mengakhiri. ** Afridon/Rel

204 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*