Diharapkan Jadi Agenda Tahunan, Ribuan Pelajar Dipadati Kelok 9

Limapuluh Kota, Editor,- Ribuan pelajar dan mahasiswa asal Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh serta Provinsi Riau memadati jalan dari Rest Area Nagari Persiapan Ulu Aia hingga ke Kelok 9, Minggu (11/12), mengikuti gerak jalan santai yang dipimpin bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi. Mereka jalan kaki sejauh lebih kurang 5 kilometer tersebut.

Irfendi optimis, Event Festival Kelok 9 (the color run) itu akan menjadikan Kelok 9 lebih dikenal dan diminati wisatawan. Tak kalah pentingnya, acara itu juga dapat menjauhkan generasi muda dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Dengan adanya ivent Pestival kelok 9 tahun 2016 ini, saya optimis lokasi Kelok 9 yang lama itu akan semakin dikenal wisatawan. Lebih menariknya, acara yang mayoritas diikuti pelajar dan mahasiswa itu akan menjauhkan mereka dari pengaruh narkoba,” ungkap Bupati Irfendi dalam arahannya pada acara puncak Pestival Kelok 9 tahun 2016 di Kelok 9 lama, Minggu (11/12).

Agar lebih dikenal lagi, lanjut Irfendi, di lokasi jalan peninggalan zaman penjajahan Belanda itu juga diadakan berbagai ivent pariwisata, seni, budaya dan olah raga.

“Saya berharap Pestival Kelok 9 (the color run) ini menjadi salahsatu agenda tahunan atau tiga bulanan. Dengan begitu, jalan yang memiliki nilai historis tersebut akan semakin ramai dikunjungi orang,” ungkap Irfendi

Menurut Irfendi, pestival itu merupakan salahsatu upaya mempromosikan Kelok 9 lama. Agar semakin dipadati wisatawan, jalan negara yang berada di lereng tebing bukit batu itu kapan perlu dijadikan sebagai lokasi car free day setiap minggunya

“Tak hanya menjadi tempat menggelar pestival, kita juga ingin Kelok 9 yang lama ini menjadi tempat car free day (hari bebas kendaraan bermotor). Lokasi Kelok 9 ini diyakini akan diminati karena pengunjungnya tak hanya bisa berolah raga, namun juga dapat menikmati keindahan alam serta menghirup udara pegunungan,” papar Irfendi.

Dalam kesempatan itu, Irfendi juga membagikan door prize bagi peserta jalan santai dan memberikan hadiah uang kepada sejumlah murid SD dan pelajar SMP peserta jalan santai yang hapal pancasila dan mau membacanya dengan keras di atas panggung

Sebelumnya, Ketua Panitia Acara Iskarmon Basir dalam laporannya mengaku bahagia bercampur haru karena acara perdana yang digelarnya bersama masyarakat tersebut dihadiri langsung Bupati Irfendi dengan Wakil Bupati Ferizal Ridwan serta Waka Polres Limapuluh Kota dan para kepala SKPD.

“Kami betul-betul gembira bercampur haru karena acara ini dihadiri pak bupati dan wakil bupati. Kami berharap Pemkab Limapuluh Kota mendukung acara ini agar bisa menjadi kalender tahunan atau setiap tiga bulan sekali,” papar Iskarmon,panitia pelaksana.

Dikatakan, pestival itu sengaja digelar untuk mengkampanyekan dan memberdayakan sekaligus meningkatkan kebersihan Kelok 9 yang lama. Selain itu juga untuk mengajak generasi muda melakukan aktifitas yang bermanfaat agar terhindar dari penyalahgunaan Narkoba,.

“Seperti harapan Bupati, kami memang berniat menjadikan pestival kelok 9 ini menjadi agenda tahunan. Kami berharap ivent ini bisa menjadikan Kelok 9 lama tacelak lagi dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat,” tuturnya sembari mengatakan pemberdayaan Kelok 9 lama itu juga diharapkan dapat memecah konsentrasi pengunjung Ply Over Kelok 9 agar pindah ke Kelok 9 yang lama.

Pada tempat terpisah tokoh masyarakat Ulu Aia Dt. Damang, Kepala Jorong Koto Marapak Ulu Aia Aknel Gustian serta warga setempat Aril juga menyebut sangat mendukung Pestival Kelok 9 ini menjadi agenda di nagari persiapan Ulu Aia. ** Yus

634 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*