Dies Natalis UNP Ke-64 Disemarakkan Berbagai Kegiatan Olahraga




Sepeda santai dalam rangka Dies Natalis UNP ke 64.
Sepeda santai dalam rangka Dies Natalis UNP ke 64.

Padang, Editor.- Keliling Kota Padang dengan bersepeda santai meski tidak keluar kota, Ahad (21/10) dilakukan seratusan orang dalam rangka menyemarakan Dies Natalis UNP ke-64. Bersepeda santai Dies Natalis UNP ke-64 yang melawati rute yang telah ditentukan itu juga diikuti Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD dan para Wakil Rektor serta para dekan selingkungan UNP dan mitra UNP lainnya. Seperti dari Bank BNI, Bank Nagari dan bahkan Wakapolresta Padang juga turut serta dalam rombongan sepeda santai itu.

Pacu karung di UNP.
Pacu karung di UNP.

Keberangkatan diawali dari Halaman Gedung Rektorat UNP, dengan pengibaran bendera start oleh Ketua Panitia Dies Natalis UNP ke-64, Prof Syahrial Bakhtiar, para peserta yang ratusan itu mulai menguatkan jantung dan paru-parunya dengan harapan para pesepeda memiliki jantung yang kuat dan tidak cepat merasa letih, sehingga dalam kegiatan sehari-hari dapat melakukan kegiatan lebih nyaman.

Prof Syahrial Bakhtiar mengatakan, dengan bersepeda orang dapat lebih bergairah dan dapat dijadikan kegiatan rekreasi karena dapat mengunjungi daerah-daerah yang jauh.

“Selain itu manfaat bersepeda yang nyata adalah membakar lemak, sehingga berat badan menjadi turun dan mencapai berat badan yang ideal,” ujar guru besar olahraga UNP itu. Setelah kembali finis di Halaman Gedung Rektorat UNP, para peserta mendapat berbagai hadiah doorprize dari pihak sponsor, salah satu hadiah yang menarik adalah sepeda dari Bank BNI 46 dan Bank Nagari.

Senam Untuk Membakar Kalori

Rektor Universitas Negeri Padang mengingatkan agar civitas akademika memiliki berat badan yang tak ideal merutinkan senam bersama, tak terkecuali para pimpinan civitas fakultas hingga universitas.

“Kalau pimpinan fakultas dan universitas tidak memiliki berat badan ideal tentu malas untuk bergerak dan rutin mengikuti senam bersama dipastikan akan meningkatkan stamina dalam bekerja,” kata Rektor UNP, Prof, Ganefri di Halaman Rektorat UNP usai Senam Bersama Dies Natalis UNP, Ahad (21/10).

Ganefri mengungkapkan hal itu karena masih ada civitas akademika UNP yang memiliki berat badan yang tidak idela malas senam, pada hal manfaat olahraga senam untuk kesehatan jelas bukan hal yang baru. Sebagai olahraga aerobik, senam dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. “Manfaat lainnya? Mulai dari membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang, hingga membantu pengaturan kadar gula darah,”ujarnya.

Ketua Panitia Dies Natalis UNP, Prof Syahrial Bakhtiar menuturkan, pihaknya mengapresiasi upaya yang diwacanakan beberapa orang agar di halaman Gedung Rektorat UNP yang baru setiap pagi pada akhir pekan dilakukan senam bersama secara rutin dan ditangani secara serius oleh Biro BUK UNP. Waktu pelaksanaan senam bersama Dies Natalis UNP ke-64 ini seusai pelepasan bendera star sepeda santai pukul 08.00 WIB. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah civitas akademika UNP yang mengikuti merasa lebih segar, bugar dan terlihat senang ceria dibandingkan sebelum melakukan senam sehat ceria. Untuk peserta yang tampil prima diberikan hadiah dari sponsor.

Panen Ketawa di UNP

Civitas akademika Universitas Negeri Padang yang hadir di Halaman Gedung Rektorat UNP, Kampus Air Tawar Padang “panen ketawa” pada Lomba Balap Karung, Ahad (21/10). Selain sepeda santai dan senam bersama, para civitas akademika UNP yang hadir juga dapat menyaksikan Rektor UNP dan Para Wakil Rektor sebagai pebalap lomba karung.

Tim balap karung mahasiswa berhasil sebagai tim yang terbaik, setelah difinal mengalahkan tim FT dan Tim FT, tim mahasiswa finis di posisi pertama dengan tidak ada terjatuh. Sementara tim FT yang sempat terjatuh dan berguling-guling kembali bangkit dan berhasi diposisi kedua, sedangkan tim FIK hanya puas diposisi ketiga.

Dari lomba balap karung ini, ternyata juga tampil tim Rektorat UNP, yang langsung dipimpin Rektor Prof Ganefri, Ardipal, yang beranggotakan WR1, Prof Yunia Wardi, WR3, Prof Ardipal dan WR4, Prof Syahrial Bakhtiar serta diperkuat Kasubag BMN Upita Yeniza.

Koordinator Lomba balap karung, Wiladi Rasyid mengatakan lomba balap karung merupakan perlombaan tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Makanya pada Dies Natalis UNP ke-64 ini diadakan sebagai olahraga gembira dan sangat antusias. ** Humas UNP/Agusmardi

136 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*