Di Solok Selatan, Sekolah Akan Dibuka Kembali Awal Juli 2020

Novrizon Kepala Dinas Pendidikan Solsel.
Novrizon Kepala Dinas Pendidikan Solsel.

Solok Selatan, Editor. –  Aktivitas belajar mengajar di sekolah akan dibuka kembali di awal Juli tahun 2020, seiring memasuki tahun ajaran baru dalam kalender pendidikan nasional di Solok Selatan (Solsel).

“Awal Juli mendatang kita rencanakan aktivitas belajar di sekolah di mulai, seiring memasuki tahun ajaran baru,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Novrizon, Senin (1/6) di Padang Aro.

Berkaitan dengan jadwal tersebut, pihak dinas Kabupaten Solsel menunggu keputusan bersama tim pendidikan dan pengawas sekolah di Solsel. Serta keputusan bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini untuk pelaksanaan serentak proses pembelajaran di sekolah.

“Kita Kepala Dinas Pendidikan di 19 Kota/Kabupaten se Sumbar harus membuat keputusan bersama terkait jadwal dibukanya sekolah di awal Juli 2020. Pengkajian teknis oleh dinas pendidikan  sedang dilakukan. Apakah metode pembelajaran dalam jaringan (Daring) atau pembelajaran di luar jaringan. Sebab, tidak semua daerah di Solsel tidak seluruhnya tersentuh jaringan internet. Pelaksanaan belajar daring masih jadi dilema bagi siswa, khususnya yang domisilinya tidak ada jaringan internet. Jika sekolah dibuka, sistem yang akan dilakukan di sekolah pembelajaran bisa jadi secara tatap muka dengan memberlakukan beberapa batasan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, berupa prilaku belajar sosial distancing dengan kuota 20 orang dalam satu Rombongan Belajar (Rombel). Opsi lain, biasanya dua orang sejajar. Nah, sekarang hanya satu orang sejajar.Perlu juga diatur tempat duduk masing-masing siswa dan hanya boleh sendirian. Kemudian, ada juga wacana lain dengan mempersingkat waktu proses belajar mengajar dari hari biasanya sebelum wabah corona. Disamping menerapkan protokol kesehatan sesuai standart Covid-19. Dengan memakai masker saat berada di sekolah, apalagi dalam ruangan kelas dan sekolah wajib menyediakan tempat mencuci tangan.

“Dari rencana yang sudah kita gagas, mudahan saja ada keputusan bersama dalam waktu dekat. Dan dibukanya kembali sekolah untuk siswa dan guru,” harapnya. ** Natales Idra

258 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*