Di Padang Pariaman Proses Pilwana Sudah Sesuai Aturan yang Berlaku

Sebanyak 137 bakal calon wali nagari beberapa pekan lalu sedang mengikuti seleksi kompetensi di aula Kantor Bupati Padang Pariaman di Paritmalintang..
Sebanyak 137 bakal calon wali nagari beberapa pekan lalu sedang mengikuti seleksi kompetensi di aula Kantor Bupati Padang Pariaman di Paritmalintang..

Paritmalintang, Editor.- Di Padang Pariaman, proses pelaksanaan pemilihan wali nagari (Pilwana), sudah sesuai aturan yang berlaku. Awal Maret ini berlangsung pengundian nomor urut calon walinagari (calwana) oleh masing-masing PPN yang berlanjut dengan masa kampanye, hari H pencoblosan surat suara dijadwalkan pada hari Rabu 4 April 2018.

Hal tersebut dinyatakan Ketua Panitia Pilwana Daerah PPD) Padang Pariaman, H. Jonpriadi, SE, MM, pekan lalu di Paritmalintang.

Dikatakan, sebanyak 74 dari 103 nagari di Padang Pariaman, saat ini sedang melaksanakan rangkaian proses pemilihan wali nagari (pilwana) serentak.

Dari 74 nagari itu, sebanyak 20 nagari dengan 137 bakal calon wali nagari (bacalwana) ikut seleksi tambahan karena memiliki bacalwana lebih dari 5 orang.

Sesuai pasal 22 Perbup Padang Pariaman Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Walinagari, apabila bacalwana yang memenuhi persyaratan berjumlah lebih dari 5 orang, akan dilaksanakan seleksi tambahan, yang terdiri atas: Seleksi Administrasi,  Seleksi Kompetensi, dan Seleksi Wawancara.

Seleksi tambahan ini diikuti oleh 20 nagari dengan peserta 137 orang bacalwana. Selesai mengikuti seleksi tambahan, bisa jadi ada bacalwana yang berijazah SMA dinyatakan tidak lulus, sedang yang senagari dengannya berijazah SMP dinyatakan lulus.

Terkait terjadinya protes, menurut H. Jonpriadi, sah-sah saja, karena berdasarkan subjektifas pribadi bacalwana. Yang objektifnya adalah, sesuai Perbup 23 Tahun 2017 itu, hasil keseluruhan seleksi peserta digabung kemudian diranking untuk setiap nagari. Setelah itu dipublikasikan ke masyarakat dan diserahkan kepada PPN untuk ditetapkan menjadi calwana.

Selanjutnya PPN menetapkan 5 rangking teratas dari bacalwana menjadi calwana, penetapan dan pengambilan nomor urut.

Untuk pelaksanaan pemungutan suara yang dijadwalkan tanggal 4 April 2018, PPD bekerjasama dengan KPU dalam pengadaan kotak dan bilik suara.

“Dengan motto pilwana badunsanak, kita harapkan pelaksanaan pilwana pada 74 nagari di Padang Pariaman ini, dapat berlangsung dengan aman, tertib, lancar dan sukses,” kata Sekdakab H. Jonpriadi yang didampingi Sekretaris PPD Heriza Syafani,SSTP,MPA, mengakhiri. ** Rafendi/Humas

 

844 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*