Di Padang Pariaman, Dua OPD Berkolaborasi Wujudkan Perizinan Berbasis NIK

Padang Pariaman, Editor – Di Kabupaten Padang Pariaman, dua OPD:  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP), terkait inovasi pelayanan perizinan, berkolaborasi mewujudkan proses administrasi perizinan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Sekdakab Padang Pariaman, H. Jonpriadi, menyampaikan hal tersebut didampingi Kabag Humas Andri  Satria Masri, ketika dihubungi beberapa waktu lalu di Kantor Bupati Padang Pariaman, Parit Malintang.

Kolaborasi kedua OPD dimaksud, sebagai upaya untuk optimalisasi pemanfaatkan KTP elektronik bagi masyarakat khususnya dunia usaha, sekaligus sebagai upaya untuk optimalisasi pelaksanaan pelayanan perizinan secara online.

Sesuai Perbup No. 4 Tahun 2017, DPMPTP berwenang melaksanakan pelayanan 122 perizinan dan enam nonperizinan. Pelimpahan kewenangan ni sebagai bukti Pemkab komit mempercepat, mempermudah dan mendekatkan pelayanan perizinan kepada masyarakat dan dunia usaha. Prosesnya online tanpa bayaran.

“Pengurusan izin ini gratis, kecuali Izin Mendirikan Bangunan, atau IMB, karena ada Perda Kabupaten Padang Pariaman yang mengatur pembayarannya,” kata Jonpriadi.

Untuk mengetahui persyaratan, lama proses dan biayanya yang berdasarkan Perda Kabupaten Padang Pariaman, proses perizinan dapat juga diakses melalui website perizinan: padangpariamankab.go.id.

Dengan adanya kolaborasi ini, masyarakat datang mengurus perizinan dengan membawa KTP elektronik, setelah disesuaikan dengan formulir permohonan, staf perizinan mengakses salah satu dari 31 item data kependudukan: nama, alamat, jenis kelamin, golongan darah, pekerjaan, dan item lainnya.

“Petugas bisa memilih data mana yang diperlukan sesuai formulir pemohon perizinan, kemudian dengan cepat memproses perizinan.,” tukuak Jonpriadi mengakhiri. ** Rafendi

674 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*