Di Bukittingi masih ada Restoran Gunakan Gas LPG 3 KG Bersubsidi

Sidak pemakaian gas LPG 3 kg bersubsidi ke restoran yang ada di Bukittinggi
Sidak pemakaian gas LPG 3 kg bersubsidi ke restoran yang ada di Bukittinggi

Bukittinggi, Editor,- Kepala Bagian Perekonomian Setdako Bukittinggi, Linda Faroza, mengatakan, LPG 3 kg merupakan LPG bersubsidi yang penggunaannya untuk masyarakat kurang mampu dan usaha mikro.

Ada indikasi terjadinya kelangkaan LPG 3 kg di pasaran, karena digunakan oleh pihak pihak yang tidak berhak seperti restoran dan pengusaha. Padahal stabilitas kebutuhan Elpiji 3 kg di tengah masyarakat sangat dibutuhkan.

Menurut Kabag. Perekonomian, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias telah mengeluarkan surat edaran yang berisi himbauan sejak tahun 2018, dengan nomor: 500/871/Pereko/XI-2018 tanggal 03 November 2018 tentang Himbauan Penggunaan Elpiji Non Subsidi.

“Dalam surat itu, walikota mengimbau ASN baik instansi vertikal maupun Pemerintah Daerah, Anggota TNI/Polri, karyawan BUMN/BUMD serta pengusaha hotel, restoran dan usaha kecil dan menengah untuk tidak menggunakan tabung LPG 3 kg.

Termasuk kepada Usaha Mikro dan Menengah dengan omset di atas Rp. 300.000.000,- pertahunnya,  diharapkan menggunakan Elpiji non subsidi tabung 12 kg, 5,5 kg dan 50 kg. Sehingga masyarakat kurang mampu dan usaha mikro dapat memperoleh LPG 3 kg sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Hal itu berdasarkan Permen ESDM nomor 26 tahun 2009 tentang Penyediaan dan pendistribusian LPG. Peraturan Bersama Mendagri dan Menteri ESDM nomor 17 tahun 2011,nomor 5 tahun 2011 tentang Pembinaan dan Pengawasan Pendistribusian Tertutup LPG tertentu di daerah, yang ditindak lanjuti dengan Keputusan Dirjen Minyak dan Gas Bumi nomor 25297.K/10DJM.S/2011 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pendistribusian Tertutup LPG tertentu, bahwa LPG 3 kg adalah LPG bersubsidi yang penggunaannya untuk masyarakat kurang mampu dan usaha mikro.

Untuk mengetahui dugaan itu, Pemko Bukittinggi menurunkan tim gabungan bersama Polres, melakukan sidak pemakaian gas LPG 3 kg bersubsidi ke restoran yang ada di Bukittinggi, Senin (04/11) lalu.

Dari empat tempat yang disambangi tim, ternyata benar  masih ada restoran yang menggunakan tabung gas LPG 3 kg bersubsidi. Kepada pengusaha restoran yang kedapatan masih  menggunakan LPG 3 Kg bersubsidi,  diberikan teguran keras oleh Tim. Diharapkan restoran tersebut tidak lagi memakai tabung gas LPG 3 kg, jelas Linda Fariza. ** Widya

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*