Deregulasi Kunci Indonesia Menuju Destinasi Wisata Belanja Dunia

Indonesia Surga Belanja Dunia
Indonesia Surga Belanja Dunia

Jakarta, Editor.- Kontribusi devisa dari shopping tourism terhadap perolehan devisa pariwisata nasional jauh tertinggal dibandingkan negara lain karena Indonesia hingga kini belum menjadi salah satu negara tujuan wisata belanja dunia.

“Kontribusi wisata belanja di negara-negara maju, seperti Singapura, mencapai 30% hingga 40% dari perolehan devisa pariwisata, sedangkan di Indonesia jauh dari angka itu sehingga kita belum menjadi destinasi wisata belanja dunia,” kata Menpar Arief Yahya kepada awak media di, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin siang (30/07).

Menpar Arief Yahya didampingi Gubernur Sumatera Selatan (Sulsel) Alex Nurdin dan Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah menjelaskan, untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi surga wisata belanja perlu dilakukan deregulasi atau penghapusan peraturan yang menghambat dan melakukan perbaikan teknologi.

“Deregulasi dan teknologi ini menjadi kunci menuju destinasi wisata belanja kelas dunia,” kata Menpar Arief Yahya.
Perbaikan peraturan di bidang perdagangan dan perpajakan, misalnya, diperlukan untuk mendorong tumbuh duty free serta usaha belanja di bandara internasional di Tanah Air. “Perbaikan kebijakan tax and refund juga mendukung bagi wisman untuk berwisata belanja di destinasi wisata unggulan di Tanah Air,” kata Menpar Arief Yahya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan, “Ada 25 paket wisata yang sudah kami siapkan untuk menyambut Asian Games ini, termasuk songket sebagai kain khas Palembang yang siap diburu wisatawan”, tambah Alex.

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah mengatakan, Hari Belanja Diskon Indonesia 2018 akan dimulai pada 8 Agustus hingga 2 September 2018 yang diikuti para pengusaha ritel berskala nasional. HBDI 2018 akan dibuka di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sulsel dan menjadi bagian dari rangkaian acara menyambut Asian Games ke-18 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. ** Wisja

531 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*