Dengan Protokol Kesehatan  Covid-19, Ribuan Jemaah Padati Lapangan Kantin Bukittinggi

Penerapan Protokol Kesehatan pada shalat Idul Adha di Bukittinggi.
Penerapan Protokol Kesehatan pada shalat Idul Adha di Bukittinggi.

Bukittinggi, Editor.- Dengan protokol  Kesehatan Covid-19, Ribuan masyarakat Bukittinggi padati lapandan Wirabraja mengikuti  shalat Idul Adha 1441 H, Jumat pagi (31/07).

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1442 H, benar menerapkan protokol kesehatan, setiap jemaah yang akan masuk lapangan tempat pelaksanaan shalat harus melalui puitu masuk yang dijaga petugas kesegaran. Setiap jemaah diperiksa suhu tubuhnya, sehingg terjadi antrian panjang da  setiap jemaah harus memakai masker

Ketua PHBI Bukittinggi, H. Khamidir, menjelaskan, pelaksanaan shalat Id kali ini memang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana, shaff direnggangkan, setiap jemaah yang datang diperiksa suhu tubuh oleh tim kesehatan.

“Saat ini kita masih dalam masa pandemi covid-19. Untuk itu, protokol kesehatan dan penanganan covid-19 tetap dijalankan. Sehingga ibadah pun dapat dilaksanakan dengan baik dan khusu’,” jelasnya.

Kakan Kemenag Bukittinggi, H. Kasmir, menjelaskan, dalam masa pandemi covid-19, keberangkatan calon jemaah haji tahun 1441 H  ditunda ke tahun depan. Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban, juga dilaksanakan merujuk pada protokol penanganan covid-19.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi masyarakat Bukittinggi yang cukup patuh dalam menjalankan protokol penanganan covid-19. Termasuk dalam pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H ini.

“Hikmah ibadah Idul Adha, bagaimana meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Dimana, dengan berqurban kita harus siap berqurban untuk sesama, saling berbagi terhadap sesama. Karena apa yang di muka bumi ini, semua hanya sementara dan semua milik Allah SWT,” ungkap Ramlan.

Tahun ini di Bukittinggi, hewan qurban tercatat sebanyak 843 ekor sapi dan 23 ekor kambing. Terjadi penurunan dari tahun sebelumnya, namun tidak terlalu signifikan.

“Banyak ibadah yang memang dilaksanakan tidak seperti biasanya. Namun hikmahnya bagaimana kita bersabar untuk menghadapi situasi ini dan berusaha bersama untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. Atas nama pemerintah Kota Bukittinggi, keluarga dan pribadi, kami ucapkan, selamat hari raya Idul Adha 1441 H, mohon maaf lahir dan batin,” ungkap Wako.** Widya.

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*