Danang Jadi Guru SM3T ke Lembah Papua Barat

Padang, Editor.- Alumni SMA Negeri Lubuk Basung, Danang Seto Wicaksono menapaki babak baru dalam kehidupannya. Usai lulus Jurusan Pendidikan Olahraga di Universitas Negeri Padang (UNP), Danang akrab disapa berhasil lolos seleksi program sarjana mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal dan (SM3T).

Keputusan mengikuti SM3T menjadi tekad, pria kelahiran 11 Januari 1992 pasangan Alm Suratmin dan Erda Suryanti. Danang (24) memahami SM-3T merupakan program pemerintah yang sudah berjalan sejak 2011. Memang SM3T bukanlah sistem ikatan dinas yang “pasti jadi PNS”. Namun bagi anak sulung ini dari tiga bersaudara ini Renanda Dwi Putra dan Wedy Marunda mengikuti SM3T sesuatu yang mesti dilewati jika ingin berprofesi sebagai guru masa depan.

Sarjana Angkatan V Program SM3T LPTK UNP Tahun 2015 ini mengakui ikut SM3T sesuatu yang tidak mudah begitu saja. Ini perlu tekad dan kerja keras pribadi masing-masing. Apakah kuat jauh dari keluarga selama 1 tahun? Apakah kuat hidup di daerah yang tidak dialiri listrik? Apakah sabar berada di daerah yang tidak terjangkau sinyal? Apakah sabar mengajar di tempat yang berbeda dengan budaya kita sebelumnya?

Apakah siap mengajar siswa yang kemampuannya jauh di bawah kemampuan di usianya. Apakah bisa mengajar tanpa sarana dan prasarana yang lengkap? Ya seperti itulah pertanyaan-pertanyaan yang harus disiapkan kepada diri sendiri sebelum melangkahkan kaki.

“Alhamdulillah saya ikuti dengan senang hati, memang sesuatu yang mengesankan selama hidup saya,” ujar Danang.

Dirinya ditempatkan di SD Negeri 20 Kabupaten Sorong, Kampung Selekobo, Distrik Saengkeduk, Kabupaten Sorong Barat, saat ini ia sudah selesai mengikuti SM3T.

“Terimakasih kepada Pimpinan UNP yang telah memberikan kesempatan kepada saya menyampaikan testimoni pada Angkatan VI Tahun 2016 yang dibuka Bapak Rektor kemarin,” ujar Danang yang yakin suatua saat menjadi guru berstatus PNS itu. ** Agusmardi

1076 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*