Dalam Sosialisasi, Dinas Pertanian Mentawai Kerjasama Dengan PT. Petro Kimia Gresik

Perwakilan Petrokimia Gersik Hery Purnomo sedang memberikan keterangan.
Perwakilan Petrokimia Gersik Hery Purnomo sedang memberikan keterangan.

Tua Pejat, Editor.- Dalam rangka upaya peningkatan produktifitas hasil pertanian di Kabupaten Kepulauan Mentawai, PT Petrokimia Gersik selaku produsen pupuk bersubsidi tidak hanya menyediakan pupuk bersubsidi sesuai alokasi yang sudah ditetapkan melalui SK Dinas Pertanian Propinsi/ Kab/ Kota, juga tidak henti- hentinya memberikan sosialisasi kepada Kelompok Tani di Kep. Mentawai dan petani seluruh Kab/ Kota di wilayah Propinsi Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas Pertanian, UPTD dan para penyuluh untuk memberikan cara Pemupukan Berimbang dengan  mempertimbangkan kebutuhan tanaman dan status hara tanah, untuk melakukan cara tanam yang baik juga dilakukan pemupukan yang tepat, yaitu tepat jenis, jumlah, cara, waktu sesuai fase pertumbuhan Vegetatif dan Generatif sehingga produktivitas bisa meningkat, petani menjadi makmur dan sejahtera.

Dalam kerjasama tersebut Petrokimia Gresik yang di kordinatori oleh Hery Purnomo sebagai perwakilan di Sumatera Barat telah mendatangkan tim riset dari Petrokimia untuk melakukan sampling uji tanah di Kep.Mentawai .

Dalam paparannya di hadapan perwakilan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura SumbarbFajri, kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan MentawaibNovriadi dan ketua kelompok tani di Tua Pejat,  Hery Purnomo menjelaskan, pelaksanaan uji tanah adalah permintaan dari Dinas Pertanian Sumbar untuk mengadakan uji tanah; agar dalam pemakaian pupuk dapat tepat sasaran dan meningkatkan produktifitas para petani.

Lebih jauh dijelaskan Hery; Petrokimia bukanbsaja sebagainprodusen pupuk tapi juga bisa memberikan demplot dengan mempunyai tim ahli uji tanah.

Untuk bisa diterimanya pupuk bersubsidi ini dipetani Petrokimia perlu dukungan .Melihat realisasi ri Mentawai dimana pada tahun2017 alokasi 8 ton.Nampaknya petani belum memanfaatkanya.Kalau pupuk ini tidak terealisasi hisa alokasinya hisa dipindahkan ke daerah lain.

Sementara itu Novriadi, SP Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Mentawai mengatakan,  masyarakat petani di Mentawai sudah memahami adanya pupuk bersubsidi. Animo masyarakat akan pupuk bersubsidi sangat tinggi.Namun Nov mengatakan kalau hasilnya memang belum seperti daerah lainnya..

Untuk itu Novriadi berharap pupuk ini juga bisa dibuka penyalurnya di kecamatan lainnya di kepulauan Mentawai.** Daniwarti.

 

669 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*