Dalam Penilaian Kelengkapan Dokumen, Kab. Tanah Datar Kembali Masuk 15 Besar Nasional

Drs. Alfian Jamrah, MSi
Drs. Alfian Jamrah, MSi

Batusangkar, Editor.- Kabupaten Tanah Datar untuk tahun ini kembali masuk 15 besar tingkat Nasional dalam Penilaian Kelengkapan Dokumen oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas). Hal itu tertuang dalam Surat Deputi Bidang Pemerintahan.Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan bernomor : 03181/D.9/03/2020 tertanggal 10 Maret 2020 yang ditandatangai oleh Taufik Hanafi,

“Dalam surat tersebut berbunyi .Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) untuk tahun 2020 meliputi 3 tahap penilaian, yaitu Penilaian Teknis Dokumen,Peresentasi dan Wawancara serta verifikasi dan kunjungan lapangan,” ungkap Kepala Baperlitbang Tanah Datar, Drs. Alfian  Jamrah, MSi pada media, Rabu (1/4) di ruangan kerjanya.

Lebih lanjut Alfian Jamrah menjelaskan, pada tahun 2019 lalu Tanah Datar berhasil  menjadi terbaik I pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Nasional ,keberhasilan kita menjadi juara pertama tahun lalu pemerintah pusat memberikan reward sebesar Rp 9,3 milyar yang masuk ke kas daerah.

Untuk  tahun 2020  ini Tanah Datar kembali mampu masuk 15 besar kabupaten tingkat nasional melalui penilaian kelengkapan dokumen oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI..

Daftar penilaian yang dikeluarkan, Kabupaten Tanah Datar dinilai atas nilai di atas rata-rata bersama Kabupaten Samosir, Musi Rawas, Mukomuko, Bangka, Garut, Temanggung, Klungkung, Flores Timur, Kuburaya, Kutai Kartanegara, Malinau, Siau Tagulandang Biaro, Poso dan Kabupaten Polewali Mandar. Untuk kategori Kota, Kota Padang menjadi salah satu dari 18 Kota lainnya yang dinilai dengan nilai di atas rata-rata.

Taufik Hanafi dalam surat itu menyampaikan, kabupaten dan kota yang tercantum dalam daftar di atas akan mengikuti proses lebih lanjut, yaitu Penilaian Tahap II Presentasi dan Wawancara yang akan dilaksanakan tanggal 16-20 Maret 2020. Akibat  berjangkitnya wabah Corona  di Indonesia dan juga di Tanah Datar sampai saat ini tim penilai belum datang ke Tanah Datar

Kepala Baperlitbang Tanah Datar Alfian Jamrah, juga menyampaikan, ini langkah awal untuk mempertahankan predikat terbaik tingkat nasional yang diraih tahun lalu.

“Alhamdulillah, berkat arahan pimpinan dan dukungan semua pihak, Tanah Datar sudah 4 kali berturut-turut berjuang di tingkat nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat setelah menjadi terbaik 1 dan tahun 2020 ini kembali masuk nominasi nasional,” ucap Alfian.

Dijelaskannya tahun 2017 masuk 15 besar nasional, 2018 10 besar nasional, 2019 menjadi juara 1 dari 420 kabupaten se-Indonesia.

“Penilaian PPD ada 5 tahap, dua tahap di provinsi dan tiga tahap di nasional. Sekarang kita masuk tahap II nasional yaitu presentasi dan wawancara 16 Maret 2020 mendatang. Mudah-mudahan kita lolos dan selanjutnya yang lolos akan ada tahapan verifikasi dan  kunjungan lapangan,  mohon dukungan dan doa kita bersama Tanah Datar tetap sukses sehingga prestasi tahun lalu bisa dipertahankan dan juga kita kembali mendapatkan reward seperti tahun lalu,” harap Alfian Jamrah. ** Jum

 

781 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*