Dahlan Abdullah Walikota Jakarta yang Terlupakan

Bagindo Dahlan Abdullah.
Bagindo Dahlan Abdullah.

Dahlan Abdullah lahir di Pasia, Pariaman pada tanggal 15 Juni 1895. Setelah menempuh pendidikan di Universitas Leiden Belanda, Dahlan dikenal terlibat aktif dalam pergerakan mahasiswa untuk perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sepulangnya ke Tanah Air, Dahlan bersama pejuang lainnya bergabung dengan Partai Indonesia Raya (Parindra), seangkatan dengan Mohammad Husni Thamrin.

Dahlan Abdullah kemudian dipercaya menjadi anggota Dewan Kota Batavia pada tahun 1939, lalu terpilih sebagai anggota Badan Pekerja Harian Kota Batavia. Pada 1942, sewaktu Jepang mengambil alih kekuasaan dari Belanda, Dahlan Abdullah kemudian diangkat menjadi Tokubetsu Sicho atau Walikota Kota Istimewa Jakarta.

 Di saat inilah peran beliau untuk kemerdekaan Indonesia sangat besar. Sebagai pejabat di zaman jepang beliau tentu sangat dekat dengan pembesar Jepang di indonesia . Coba dibayangkan seandainya beliau tidak meloby penguasa Jepang, kemungkinan proklamasi kemerdekaan tidak bisa dibacakan. Beliau begitu intens berkomunikasi dengan Bung Hatta dan kelompok Menteng 31.

Satu lagi jasa beliau yang berbekas sampai sekarang. Di  daerah Manggarai Ada Jln Minangkabau, Jln Payakumbuh, Jln Bukittinggi, Jln Sawahlunto, Jln Kotogadang dan lain lain. Itu semua adalah jasa beliau, dimasa beliaulah nama jalan tersebut diresmikan karena  beliau ingin mengabadikan nama daerah leluhurnya.

Dahlan resmi bertugas sebagai Duta Besar pada tanggal 27 Maret 1950, namun sekitar 3 bulan kemudian, Dahlan meninggal dunia akibat serangan jantung dan dimakamkan pada tanggal 19 Mei 1950. Sesuai saran dan nasihat dari Menteri Luar Negeri dan Perdana Menteri Haji Agus Salim saat itu, jenazah Bagindo Dahlan Abdullah akhirnya dimakamkan di Baghdad, Irak. Hal ini bertujuan agar makam Bagindo Dahlan akan dikenang lama dan menjadi simbol tali persahabatan antara Indonesia dan Irak. Cuma sampai saat ini, beliau belum di anugrahi gelar pahlawan nasional. ** Suhardi Syam (Dari berbagai sumber )

316 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*