Cakak Banyak di Koto Laweh, Lembang Jaya Telah Diselesaikan Secara Adat

Arosuka, Editor.- Peristiwa “cakak banyak” antara sekelompok warga Nagari Koto Laweh dan Mandailiang, Kcc. Lembang Jaya yang terjadi pada hari Minggu (20/8) lalu telah bisa diselesaikan secara musyawarah dan mufakat. Ketegangan yang sempat membuat resah kedua masyarakat kini telah reda dan kembali rukung seperti semula.

Jon Pandu.
Jon Pandu.

“Kini kita sedang mengusahakan empat orang yang ditahan oleh Polres Arosuka bisa kembali ke rumah karena masalah tersebut sudah bisa diselesaikan secara adat,” kata Jon Pandu, anggota DPRD Kab. Solok dari Partai Gerindra di damping oleh Ketua KAN Nagari Koto Laweh, Adius Saleh Rajo Mudo di Arosuka kemarin (Kamis/24/8).

Menurut Jon Pandu, peristiwa tersebut hanya terjadi karena kesalahpahaman dari masyarakat dari pengerjaan proyek pokok pikiran anggota dewan tahun anggaran 2017 atas  nama dirinya. Untuk itu dia bersama tokoh masyarakat, terutama Ketua KAN Koto Laweh berusaha mengusahakan penyelesaian masalah tersebut denga musyawarah dan mufatat.

“Alhamdulillah, masalah tersebut telah bisa diselesaikan. Tinggal pengurusan empat anggota masyarakat yang ditahan Polres Arosuka agar bisa dikeluarkan secepatnya,  terang Jon Pandu dan dibenarkan Ketua KAN Koto Laweh, Adius Saleh Rajo Mudo.

Sebagaimana diberitakan sejumlah media, cakak banyak antar dua kelompok masa yang terjadi siang tengah hari bolong, Minggu (20/8) itu, menyebabkan sejumlah warga terluka dan menyebabkan satu unit rumah dan satu mobil milik warga lainya rusak parah, akibat aksi bentrokan.

Kapolres Solok AKBP Reh Ngenana yang turun langsung ke lokasi bentrokan bersama puluhan anggotanya, berhasil meredam aksi cakak banyak tersebut, dengan melibatkan tokoh masyarakat kedua belah pihak, termasuk Camat Lembang Jaya, walinagari dan tokoh pemuda setempat.

Setelah kondisi berhasil diamankan, pada peristiwa itu pihak kepolisian lalu menahan dua warga Koto Laweh Epi Kaliang dan Can, sedangkan dua warga Mandailiang yang ditahan adalah Alfianto dan Amrianto.** Roni Akhyar

 

299550 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*