Bupati Tanah Datar Canangkan Bhakti TNI KAB Kes dan Harganas 2019

Sekda Tanah Datar Irwandi memukul gong tanda Bhakti Sosial TNI KB Kes dimulai.
Sekda Tanah Datar Irwandi memukul gong tanda Bhakti Sosial TNI KB Kes dimulai.

Tanah Datar, Editor.- Pencanangan Bhakti Sosial TNI KB Kes, HKG PKK Kes dan Peringatan Harganas ke 26 tingkat Kabupaten Tanah Datar  dilakukan oleh  Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Irwandi, Rabu (18/9) bertempat di Makodim 0307 Tanah Datar.

Kegiatan tersebut  dihadiri oleh Ketua DPRD Tanah Datar, Forkompinda, Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar, Kepala OPD, Camat, ketua PKK kecamatan se-kabupaten Tanah Datar dan undangan lainnya.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Irwandi  menyatakan. Peran keluarga sebagai pilar utama pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa sangatlah penting dan strategis guna mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera, untuk itu hari keluarga dimaksudkan agar maknanya dapat dipahami dan benar-benar bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.

Pada momentum peringatan Harganas ke-26 tahun 2019 ini pemerintah sedang menggalakkan gerakan kembali ke meja makan dan tidak melihat media sosial dan TV pada jam 18.00 – 21.00 atau yang lebih dikenal dengan gerakan 1821.

Hal ini dimaksudkan agar  pada rentang waktu tersebut sebuah keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas yang mengarah pada nuansa kebersamaan, seperti mengaji, makan malam bersama dan saling bertukar informasi antar anggota keluarga yang akan mewujudkan terciptanya ketahanan keluarga.

Momentum peringatan harganas juga mengingatkan kita  kembali betapa pentingnya mencintai antar sesama dalam keluarga dan betapa pentingnya perencanaan dalam membangun sebuah keluarga.

Untuk saya  menyampaikan ucapan  terimakasih kepada seluruh kader PKK serta mitra kerja terkait yang telah membantu pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

“Selama ini kami melihat PKK telah mampu menjalin kerjasama yang sangat baik dengan OPD terkait untuk mengembangkan potensi dan jaringannya, sehingga dapat menjangkau seluruh keluarga dan masyarakat. TP PKK juga telah mencatatkan prestasi yang sangat luar biasa, pencapaian target kerja pemerintah dalam bidang pembangunan kesejahteraan juga tidak terlepas dari peran aktif PKK dan seluruh kadernya,” ujar Irwandi

Selanjutnya Sekda Irwandi menyatakan .Terkait dengan bhakti sosial TNI KB Kesehatan merupakan komitmen nyata dari panglima TNI, BKKBN dan Kementerian Kesehatan RI dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui program kesehatan dan keluarga berencana.

Pencanangan bhakti sosial TNI KB Kesehatan dan HKG PKK KB Kesehatan tahun 2019 ini diharapkan dapat menjangkau sasaran program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga sampai daerah terpencil, khususnya di kampung KB.

“Maka pada  kesempatan ini  saya harapkan kepada seluruh OPD yang  terkait untuk bersama-sama melakukan intervensi terhadap program kegiatan di kampung KB, baik itu pembangunan fisik maupun non fisik guna mewujudkan kondisi penduduk  yang tumbuh seimbang dan pembangunan manusia yang berkualitas,” harap Irwandi

Pada kesempatan  tersebut  ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi,juga  menyampaikan ucapan terima  kepada pemerintah daerah beserta jajarannya dan kepada Dandim 0307 Tanah Datar yang telah mendukung program-program kependudukan keluarga berencana, terlebih lagi dalam mempersiapkan dan memfasilitasi kegiatan hari ini.

“Hari keluarga nasional yang kita peringati ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian yang cukup besar dari pemerintah pusat, daerah dan dari kita, semua ini merupakan salah satu upaya untuk menjadikan keluarga sebagai objek pembangunan menuju keluarga kecil bahagia, sejahtera, tenteram dengan semangat harganas. Kita bangkitkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk meningkatkan ketangguhan dan kemandirian keluarga menjadi lebih bermakna,” ujar Ny. Emi.

Selanjutnya  Ny. Emi  mengharapkan momentum hari keluarga ini bisa digunakan sebagai langkah nyata dalam keluarga yang berketahanan. Keluarga dijadikan sebagai wadah untuk berkumpul bagi anggota keluarganya serta saling berintegrasi dan sebagai tempat perlindungan yang paling aman dan nyaman.

Dandim 0307 Tanah Datar yang diwakili oleh Kasdim Mayor. Inf. Munawar menjelaskan bahwa untuk melaksanakan kegiatan ini Kodim 0307 Tanah Datar telah melakukan berbagai persiapan dan berkoordinasi dengan seluruh jajaran terkait termasuk dengan penyuluh KB pada tingkat kecamatan.

Kodim 0307 Tanah Datar bersama seluruh Babinsa, PPL KB dan tokom masyarakat juga telah melakukan berbagai program kegiatan guna mensukseskan Bhakti Sosial TNI KB Kes, HKG PKK Kes dan Harganas ke-26 tingkat kabupaten Tanah Datar, di antaranya melakukan penyuluhan dan menghimbau masyarakat agar mengikuti program generasi berencana (genre). 

Namun dalam pelaksanaannya  ada beberapa kelemahan yang dihadapi guna menjangkau masyarakat yang berada di daerah terpencil, hal ini disebabkan karena kurangnya personil. Namun kesulitan ini merupakan sebuah tantangan sehingga apa yang diharapkan oleh panglima dapat tercapai dengan baik, ujar Kasdim

Ditambahkan Kasdim, menyikapi berbagai fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kabupaten Tanah Datar akhir-akhir ini yang banyak terjadi kasus bunuh diri, kita mengharap seluruh kader agar  bisa dalam memeberikan penyuluhan  menyisisipkan materi tentang kesehatan jiwa karena dari hasil penelitian orang-orang yang melakukan bunuh diri diakibatkan kesehatan jiwanya tergangu, harap Munawar ** Jum

163 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*