Bupati Solok Resmikan Program Pamsimas III

Kinari, Editor.- Bupari Solok H. Gusmal, SE, MM meresmikan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  (Pamsimas III) bertempat di  Jorong Harum, Nagari Kinar, Kamis (20/7).

Hadir pada ksempatan itu  Kepala Barenlitbang Kab Solok, Dusral, Kepala PU Perumahan Rakyat Kab Solok, Deni Prihatni, Perwakilan Dirjen Air Minum Provinsi Sumatera Barat, Edi Rahmat, Kepala PDAM Kab Solok, Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kab Solok.  Sekcam Kecamatan Bukit Sundi. Walinagari Kinari,  Mahasiswa KKN UNAND dan ISI Padang Panjang.

Dalam kata sambutannya Bupati Solok, Gusmal mengatakan, pembangunan air bersih ini bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan harus menggunakan air dengan sangat bijak karena saat ini air sudah
menjadi sebuah benda ekonomi.

“Di kab Solok baru 70% yang memperoleh air bersih. Dari itu kita berharap Program PAMSIMAS III ini nantinya dapat mengatasi permasalahan air bersih yang merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat,” ta Gusmal.

Program Sanitasi air berbasis masyarakat yang ke III untuk tahun 2017 dipusatkan  di Jorong Bungo harum, Nagari Kinari Kecamatan Bukit Sundi. Dengan program ini nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih.

“Saya menginginkan agar pihak pemerintah kecamatan dan nagari membantu mengawasi kelancaran pembangunan ini. Program pamsimas ini nantinya  juga menjadi pendukung untuk kekuatan segi pengairan untuk kabupaten Solok,” jelasnya lebih lanjut.

Sebelumnya kepala BARENTILBANG Kab Solok, Dusral menjelaskan, Program Sanitasi air berbasis masyarakat ini merupakan program kementrian PU melaui  Dirjen Air Bersih Provinsi Sumatera Barat yang diberikan kepada masyarakat  di Kabupaten Solok dengan kucuran dana Sebesar 2,9 milyar dari APBN untuk pembagunan 12 bak penampung dan 1 milyar dari APBD untuk 4 bak penampung.
“Pemerintah menginginkan kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat akan air bersih segera dapat teratasi.  Program Pamsimas ini akan berjalan dalam enam bulan kedepan,” kata Dusral.
Pada kesempatan tersebut Perwakilan Dirjen Air minum Provinsi Sumatera Barat : Edi Rahmat juga menyampaikan, tujuan dilaksanakan program Pamsimas ini untuk masyarakat di jorong-jorong adalah untuk memberikan motivasi dan dorongan bagi masyarakat untuk dapat menjalani prilaku hidup sehat.

“Pelaksanaan program Pamsimas ini merupakan momentum dalam memberikan  peningkatan dan perubahan serta ikut mensukseskan program  Nasional dalam pencapaian target penyediaan air minum dan air bersih bagi seluruh masyarakat. Dimana dalam pencapaian program tersebut mencakup
aman air minum dan akses berkelanjutan,Menurunkan angka penyakit dan BAB sembarangan,” kata Edi Rahmat. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

1063 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*