Bupati Solok Minta Barenlitbang Jalin Kerjsama Lebih Baik Dengan BPS

Seminar Hari Statistik Nasional di Kab. Solok.
Seminar Hari Statistik Nasional di Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- Tantangan BPS sekarang ialah menyediakan data berkualitas, bukan hanya dari sensus, survei, dan data administrasi, tetapi juga memikirkan bagaimana manfaat big data yang luar biasa untuk membangun satu data Indonesia.  

“Untuk itu diminta kepada Barenlitbang Kab. Solok dan BPS dapat menjalin kerjasama yang lebih baik dan maksimal lagi serta dengan beberapa instansi terkait lainnya serta Jangan ada perbedaan data antara BPS dengan beberapa instansi terkait,” kata Bupati Solok, H. Gusmal, SE yang bertindak sebagai salah seorang narasumber pada Seminar Hari Statistik Nasional yang bertema: Menuju Indonesia Maju dan Data Berkualitas, bertempat di  Ruang Solok Nan Indah,Senin (30/9).

Lebih lanjut dikatakan bupati, Mari kita tingkatkan perekonomian masyarakat daerah dengan meningkatkan daya produksi di berbagai sektor. Melalui seminar ini kita ciptakan berbagai strategi untuk pembangunan perekonomian masyarakat dan daerah.

Pelaksanaan portal satu data tahun ini diharapkan terintegrasi antara BPD dengan Pemkab Solok

Seluruh SKPD yang berkaitan dengan kegiatan produksi masyarakat, agar terus berusaha meciptakan berbagai strategi untuk meningkatkan produksi masyarakat agar juga meningkatkan hasil jual .

“Pemerintah Kab. Solok siap memberikan dukungan terhadap SP 2020, untuk itu perlu peran aktif dan kerjasama masyarakat untuk memperbaharui data secara online,” kata Gusmal.

Sementara itu ketua pelaksana seminar yang juga Kepala BPS Kab. Solok Chardiman, S.St, MM menjelaskan, Peringatan HSNdan seminar tersebut dilatarbelakangi oleh UU No. 7 Tahun 1960 tentang Statistik sebagai pengganti Statistiek Ordinantic 1934. Peserta yang diundang pada kegiatan HSN ini adalah kepala SKPD, kepala perbank kan dan pimpinan perusahaan, kepala instansi vertikal terkait, camat dan wali nagari dan fungsional statistisi BPS se Prov. Sumbar.

“Untuk sensus penduduk tahun 2020 BPS akan menggunakan metode kombinasi, dimana BPS akan menggunakan data adminduk sebagai basis data dasar dan dilakukan pemutakhiran data penduduk tersebut melalui 2 tahap, tahap pertama menggunakan sistem CAWI (Computer Aedid Web Interviewing) dan selanjutnya sistem PAPI (Paper and Pencil Personal Interviewing),” jelasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM yang juga sebagai narasumber, Sekda Kab. Solok Aswirman, SE. MM, Kepala Barenlitbang Kab. Solok Syaiful, ST, MT, Kepala PN Koto Baru Purnomo Hadiyanto, SH, Kepala BPS Kab. Solok Chardiman, S.St, MM, narasumber dari BPS Prop. Sumbar Dr. Ir. Sukardi, M.Si dan  narasumber dari BI Padang Gunawan Wicaksono, Ph.D.

Pada acara juga tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan terbaik terhadap SKPD dan nagari yang merespon dengan baik dan cepat pelaksanaan pendataan oleh BPS. **Rhian/Doni/Hms

237 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*