Bupati Solok Launching Pelayanan Mobil Keliling Disdukcapil

Bupati Gusmal memotong pita bunga tanda dilaunchingnya Pelayanan Mobil Kelililing Disdukcapil Kab. Solok.
Bupati Gusmal memotong pita bunga tanda dilaunchingnya Pelayanan Mobil Kelililing Disdukcapil Kab. Solok.

Paninggahan, Editor.-  Melalui mobil keliling ini diharapkan semua warga sudah memiliki KTP, agar nantinya saat pelaksanaan pemilu 2019 tidak ada yang tidak memiliki hak suara karena tidak memiliki KTP, sehingga tidak ada suara rakyat yang terbuang dalam pemilu tersebut.

“Kepada aparat Disdukcapil diharapkan ada peningkatan motivasi, selalu berinovasi, berprestasi dan produktivitas kerja serta mewujudkan pelaksanaan pelayanan prima yang membahagiakan masyarakat,” kata Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM saat melaunching Pelayanan Mobil Keliling Disdukcapil Kabupaten Solok, bertempat di SMP N 1 Junjung Sirih, Paninggahan, Kamis (11/1).

Lebih lajnut dikatakan bupati, saya berharap nantinya KTP elektronik juga bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti untuk ATM sekaligus. Jadi memudahkan untuk pembayaran, seperti membayar pajak, pengambilan gaji dan lain sebagainya. Atau dengan kata lain KTP juga digunakan sebagai alat pembayaran/transaksi keuangan.

Pada kesempatan ini Bupati Solok menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat melakukan pelaporan kelahiran anak-anaknya dan melakukan pelaporan bagi anak-anak yang belum memiliki akta kelahiran mulai dari usia 0 sampai 18 tahun.

“Kepada seluruh Wali Nagari untuk dapat membantu tertib administrasi dengan melakukan pemutakhiran data penduduknya melalui verifikasi data target perekaman dan target akta kelahiran yang valid,” kata Gusmal..

Bupati juga berharap kepada bapak wali untuk lebih hati-hati dan tegas dalam mengeluarkan surat keterangan tidak mampu (SKTM). Sebab dengan banyaknya masyarakat yang tidak mampu, maka camat dan wali nagari dinilai gagal dalam pengelolaan daerahnya. Hal ini juga bertujuan agar segala bentuk bantuan bagi masyarakat kurang mampu tidak salah sasaran lagi.

Sebelumnya ketua pelaksana kegiatan Rahdiatul Hayat, SH, MH menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, sehingga lebih mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan dan memperpendek jarak pelayanan menghemat waktu dan biaya oleh masyarakat.

Sasaran launching mobil pelayanan ini adalah untuk meningkatkan motivasi, prestasi dan produktivitas kerja serta peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat yang membahagiakan masyarakat dalam upaya pencapaian target dan peningkatan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

“Dari jumlah penduduk Kabupaten Solok telah dilaksanakan perekaman sebesar 95,70% dari wajib KTP elektronik,” jelas Rahdiatul Hayat.

Juga dijelaskan, pada tahun 2018,  dengan adanya mobil keliling ini dapat menuntaskan 100% perekaman dan penerbitan KTP elektronik di Kabupaten Solok, termasuk untuk masyarakat yang berumur 17 tahun pada tanggal 17 April 2019, Sehingga dapat menyukseskan pelaksanaan pilpres dan pileg 2019.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Disdukcapil Prov. Sumbar, Kepala OPD se Kab. Solok, Forkopimcam Junjung Sirih, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Solok. ** Febrian D’Gumanti/Doni/Hms

 

514 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*