Bupati Solok Buka Edukasi dan Sosialisasi Program BPNT

Sosialisasi BPNT di Kab. Solok.
Sosialisasi BPNT di Kab. Solok.

Arosuka, Editor.-  Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM mengharapkan peran aktif desa/nagari untuk mengawal data agar warganya yang tidak mampu bisa diusulkan masuk BDT sebagai penerima bantuan sosial. Kepada seluruh camat,wali Nagari,TKSK,dan pendamping PKH agar segera mensosialisasikan program BPNT ini Kepada Masyarakat, khususnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hal itu diungkapkannya pada Ppembukaan Edukasi dan Sosialisasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bertempat di Ruangan Solok Nan Indah, Arosuka, Selasa (1/10).

Lebih lajut dikatakan bupati, sehubungan dengan pelaksanaan BPNT di Kabupaten Solok, diminta kepada pelaksana,  seperti tim koordinasi Bansos pangan,dinas sosial, korteks,TKSK,,PKH serta pihak terkait lainya untuk bekerja secara maksimal dalam melaksanakan program ini.

“Kepada kepala Bulog saya berharap agar penyaluranya bantuan beras ke masyarakat penerima bantuan supaya kualitasnya terjaga dan jangan sampai terlambat,” kata Gusmal.

Sebelumnnya. Kadis Sosial Yandra,SE,M.Si menjelaskan, Bantuan Sosial Pangan Non Tunai (BPNT) adalah  bantuan sosial pangan yang disalurkan dalam bentuk Non Tunai dari pemerintah kepada keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp 110.000  melalui mekanisme Uang Elektronik  yang digunakan hanya untuk membeli bahan Pangan (Beras dan Telur) di pedagang bahan pangan atau disebut E-Warung yang bekerja sama dengan Bank Penyalur.

Tujuan program BPNT ini adalah memberikan pemahaman kepada Pemangku Kepentingan baik dipusat Maupun Didaerah Mengenai Kebijakan dari Program BPNT ini, memberikan Pemahaman kepada Keluarga Penerima manfaat (KPM) tentang tujuan dan mekanisme pemanfaatan dari program BPNT, memberikan informasi tentang bagaimana/mekanisme pengaduan program BPNT yang akan kita laksanakan di lapangan.

“Sasaran edukasi dari program ini adalah Pemerintah daerah termasuk tim Koordinasi penanggulangan kemiskinan(TKPK),Tim koordinasi bantuan pangan,Perangkat Nagari ,TKSK serta para pendamping PKH,” jelas Yandra,

Hadir pada kesempatan ini Bupati Solok H. Gusmal,SE,MM, Kadis Sosial Provinsi diwakili Kabid Penanganan Pakir Miskin Drs.Yanto, Asisten Eksbangkesra Medison,S,Sos,MM, Kadis Sosial : Yandra,SE,M.Si, Forkopimda Kab Solok, Camat se Kabupaten Solok, Wali nagari se Kabupaten Solok, Tenaga kesejahteraan kecamatan dan Pendamping PKH. ** Rhian/Hms

309 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*